Sukses

Fungsi Lemak bagi Tubuh dan Makanan Berlemak yang Baik untuk Kesehatan

Lemak merupakan sumber energi bagi tubuh manusia.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang ada di benakmu ketika kamu mendengar kata lemak? Mungkin setelah mendengar kata lemak, yang terbayang adalah zat berbahaya yang bisa menggemukkan tubuh dan meningkatkan risiko serangkaian penyakit membahayakan seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, hingga kanker.

Pastinya kamu berfikir bahwa lemak itu jahat untuk tubuh dan harus segera dihilangkan. Kamu juga akan merasa risih jika tubuh dipenuhi lemak khususnya di bagian yang biasanya terdapat banyak lemak seperti perut, paha dan lain sebagainya.

Dengan berbagai cara seperti olahraga atau diet akan kamu lakukan untuk menghilangkan lemak-lemak tersbeut. Dalam kadar normal fungsi lemak bagi tubuh dibutuhkan agar badan kamu tetap sehat.

Karena, faktanya, tubuh membutuhkan sekitar 2.000 kalori setiap harinya. Lemak menyumbang sebesar 30 persen. Kekurangan lemak justru menyebabkan hormon tidak seimbang. Nah, apa saja fungsi lemak bagi tubuh manusia?

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/3/2019) fungsi lemak bagi tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fungsi lemak bagi tubuh

Lemak adalah salah satu dari tiga Macronutrients. Yakni nutrisi yang memberikan energi, yang terdiri dari tiga yang utama yaitu karbohidrat, protein dan lemak.

Setiap Macronutrients memiliki peran penting; karbohidrat merupakan sumber energi utama, sementara protein berfungsi untuk memperbaiki dan menumbuhkan jaringan otot.

Lemak berfungsi untuk menyediakan energi dalam tubuh kita, membantu kita untuk merasa penuh, mempersatukan hormon, dan memiliki anti-inflamasi. Namun, untuk mengetahui lebih jelas berikut fungsi lemak bagi tubuh.

1. Melindungi organ penting

Fungsi lemak bagi tubuh, khususnya lemak sehat berfungsi sebagai bantalan atau melindungi organ vital dari semua jenis benturan atau trauma yang bisa terjadi.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Menu diet yang dipenuhi dengan nutrisi seimbang seperti melibatkan lemak sehat akan membuat sistem metabolisme tubuh meningkat.

3. Mengontrol gula darah

Konsumsi lemak sehat juga akan membantumu dalam mengontrol kadar gula darah dan mencegah dari serangan diabetes. Apalagi jika kamu memadukannya dengan konsumsi serat, biji-bijian, maupun protein.

3 dari 5 halaman

Lemak dibutuhkan tubuh

4. Meningkatkan kolesterol baik

Lemak sehat akan menurunkan kolesterol buruk dalam tubuhmu. Pastikan bahwa lemak sehat yang kamu konsumsi berasal dari makanan alami tanpa campuran bahan pengawet.

5. Mengontrol rasa lapar

Lemak membantu kamu merasa kenyang, seperti yang sebelumnya dilaporkan. Kepadatan kalorinya, disetiap satu gram lemak memiliki sembilan kalori. Sedangkan satu gram karbohidrat atau protein memiliki empat kalori.

Artinya, lemak membantu kita merasakan puas setelah makan. Sehingga jika kita makan makanan rendah lemak akan membuat Kamu semakin lapar.

Lemak yang sehat butuh waktu lama untuk dicerna sehingga bisa membuat rasa kenyangmu bertahan dalam waktu yang lama pula. Sebaliknya lemak buruk yang ada dalam masakan kemasan seperti keripik atau makanan olahan akan membuatmu merasa lapar lagi dan lagi.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung

Tahukah kamu bahwa dengan mengonsumsi lemak sehat, maka kesehatan jantung bisa terjaga dan bahkan mengurangi risiko penyakit jantung atau stroke hingga 80%.

4 dari 5 halaman

Makanan berlemak yang Baik untuk Kesehatan

Sekarang sudah mengerti fungsi lemak bagi tubuh? Karena tidak semua lemak sifatnya buruk bagi tubuh. Kamu pun sebaiknya tetap mengonsumsi makanan berlemak demi menjaga kesehatan. Simak beberapa makanan berlemak yang baik bagi kesehatan selengkapnya berikut ini.

- Ikan

Ikan merupaakan makanan yang berlemak dan baik untuk kesehatan. Kosumsi ikan seperti salmon, sarden, makerel, atau tuna yang kaya akan asam lemak omega-3. membuat jantung kamu tetap sehat. Cara terbaik mendapatkan manfaat ikan adalah mengolahnya dengan cara dipanggang, direbus, ditim, atau dikukus.

- Telur

Telur merupakan sumber pangan dengan kandungan lemak baik dan protein yang cukup tinggi, murah, dan mudah didapat. Namun, untuk alasan kesehatan, batasi juga konsumsi telur. Pilih olahan telur yang tidak digoreng dan tidak dalam bumbu atau kuah yang berlemak seperti gulai telur.

- Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almon, hazelnut, kenari, atau kacang kedelai, mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung.

Walaupun lemaknya tergolong sehat, tapi kacang-kacangan diketahui juga cukup tinggi kalori. Jadi, kamu perlu membatasi porsinya. Hindari mengkonsumsi kacang berlebihan, terutama yang sudah digoreng dan dibumbui dengan garam, gula, atau penyedap rasa yang berlebihan.

 

5 dari 5 halaman

Makanan ini mengandung lemak baik

- Daging kambing

Sajian 85 gram daging kambing mengandung lemak tak jenuh yang setara dengan satu sendok makan minyak zaitun. Daging kambing berlemak yang baik bagi tubuh pun biasanya diperoleh dari bagian kaki dan pinggang kambing.

- Keju

Keju merupakan produk olahan susu yang paling bergizi. Sepotong keju mengandung vitamin B12, fosfor, kalsium, dan lemak baik untuk menurunkan berat badan.

- Yogurt

Yogurt telah lama dikenal sebagai makanan sehat namun penuh lemak. Namun lemak yang terkandung dalam yoghurt adalah lemak sehat. Lemak ini bersamaan dengan bakteri probiotik yang mampu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan membantu melawan obesitas atau perut buncit.

Nah, di atas adalah fungsi lemak bagi tubuh dan juga makanan lemak yang baik untuk kesehatan. Jadi jangan buru-buru bilang tidak pada makanan yang berlemak ya, karena sebenarnya tubuh kamu pun tetap membutuhkan lemak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.