Sukses

6 Cara Melangsingkan Badan Secara Alami, Simpel dan Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Tubuh ramping dan langsing merupakan dambaan banyak orang. Banyak cara yang dilakukan agar mendapatkan postur tubuh langsing yang menarik.

Tubuh yang langsing berkaitan dengan berat badan yang ideal. Dengan berat badan ideal, seseorang akan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal pula. Banyak cara melangsingkan badan yang dapat ditempuh.

Di media sosial saat ini juga kerap ditemukan promosi obat atau suplemen pelangsing tubuh. Namun obat-obatan tersebut tak baik jika dikonsumsi terus menerus. Kandungan kimia pada obat-obatan pelangsing dapat mengganggu fungsi hati dan ginjal.

Sebenarnya ada cara melangsingkan badan yang aman dilakukan. Cara melangsingkan badan secara alami terbukti aman karena tak menimbulkan efek samping bagi kesehatan. cara melangsingkan badan secara alami ini dapat berupa kegiatan-kegiatan sederhana yang mudah untuk dijalankan. Anda dapat menerapkan cara melangsingkan badan secara alami ini di rumah.

Berikut 6 cara melangsingkan badan secara alami dilansir Liputan6.com dari Healthline, Jumat(22/2/2019).

2 dari 7 halaman

Minum Air Putih

Mulailah hari Anda dengan satu atau dua gelas air putih tiap bangun tidur. Penelitian telah membuktikan bahwa minum air putih di pagi hari membantu memulai metabolisme Anda dan membantu menghilangkan racun dari tubuh Anda.

Minum air putih juga membantu mengendalikan rasa lapar dan mencegah Anda makan kalori yang tidak perlu. Beralihlah ke air putih atau teh hijau dan rasakan perbedaannya dalam sehari.

Minum 0,5 liter (17 ons) air dapat meningkatkan kalori yang Anda bakar 24–30% selama satu jam sesudahnya.

Minum air sebelum makan juga dapat menyebabkan berkurangnya asupan kalori, terutama untuk orang paruh baya dan orang tua. Air sangat baik untuk menurunkan berat badan ketika menggantikan minuman lain yang tinggi kalori dan gula.

3 dari 7 halaman

Berjalan Setelah Makan

Jika Anda tidak suka jogging atau berolahraga maka ada sesuatu yang lebih sederhana untuk Anda. Cobalah berjalan sepuluh menit setelah makan. Ini dapat membantu Anda membakar beberapa kalori dengan cepat dan membantu proses pencernaan.

Tahukah Anda jika jalan kaki 5 menit yang dilakukan tak lama setelah makan dapat meningkatkan kadar gula darah harian lebih besar daripada berjalan kaki 45 menit di pagi hari.

Para peneliti mengatakan bahwa jalan kaki setelah makan membantu membersihkan glukosa dari aliran darah karena gula darah akan lebih banyak diambil oleh otot saat berjalan. Dengan begitu berat badan dapat terkontrol dan tubuh akan langsing secara alami.

4 dari 7 halaman

Makan Lebih Banyak Serat

Cara melangsingkan badan secara alami selanjutnya adalah mengonsumsi banyak serat alami. Makanan tinggi serat baik untuk kesehatan dan penurunan berat badan sehingga Anda akan terlihat langsing. Makanan kaya serat dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dengan membantu Anda merasa lebih kenyang setelah makan.

Tetapi kebanyakan dari kita hanya mengonsumsi sekitar setengah dari serat yang seharusnya. Makanan berserat tinggi umumnya membutuhkan lebih banyak waktu dalam proses mengunyah. Dan mengonsumsi makanan tinggi serat juga cenderung akan menghasilkan sedikit kalori.

Cara terbaik untuk mengonsumsi lebih banyak serat adalah memulai hari Anda dengan sarapan penuh serat seperti gandum. Anda juga bisa memasukkan buah di menu makanan Anda atau membuat semangkuk salad segar.

Buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang sangat sehat dan ampuh meangsingkan badan.

Selain air, nutrisi dan serat, mereka biasanya memiliki kepadatan energi yang sangat rendah. Ini memungkinkan Anda untuk memakannya dalam porsi besar tanpa mengonsumsi terlalu banyak kalori.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran cenderung lebih memilik berat badan ideal.

5 dari 7 halaman

Makan di Rumah

Meskipun restoran menawarkan banyak pilihan makanan bergizi, pilihannya seringkali terbatas. Sebagian besar makanan yang disajikan di restoran mengandung lemak dan kalori dalam jumlah tinggi, dan dapat merusak kesehatan Anda jika dikonsumsi secara berkala.

Pilihlah untuk memasak dan makan di rumah ketimbang makan di restoran. Selain menghemat pengeluaran, makan dan memasak di rumah juga akan membawa anda pada pola hidup sehat.

Anda tidak pernah tahu kandungan apa saja yang ada pada makanan yang anda makan di restoran.

Saat memasak di rumah, Anda tahu persis apa yang masuk ke dalam makanan Anda, dan anda juga mengetahui langsung bagaimana makanan itu dimasak.

Dengan masak sendiri dirumah, anda dapat mengontrol jumlah kalori dan nutrisi pada makanan anda. Makan di rumah adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan menurunkan berat badan yang dapat melangsingkana tubuh.

6 dari 7 halaman

Kurangi Garam

Menikmati makanan ringan yang gurih dan asin memang sungguh nikmat. Makanan olahan seperti keripik kentang sangat tinggi sodium. Garam ditambahkan sebagai pengawet dalam makanan tersebut.

Garam mengandung natrium dan makanan tinggi natrium menyebabkan retensi air dalam tubuh, yang bisa membuat Anda terlihat kembung. Selain itu, garam sangat membuat ketagihan sehingga Anda tidak bisa puas dengan satu bungkus makanan ringan saja.

Menyedihkannya, sebungkus keripik kentang kecil dapat mengandung hampir 500 kalori. Banyak kalori ini akan memakan waktu setidaknya 45 menit untuk membakarnya lagi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang Anda simpan di rumah sangat memengaruhi berat badan dan perilaku makan.

Dengan selalu menyediakan makanan sehat, Anda mengurangi kemungkinan makan tidak sehat. Ada juga banyak camilan sehat dan alami yang mudah disiapkan dan dibawa saat Anda bepergian. Camilan ini dapat berupa yogurt, buah utuh, kacang-kacangan, wortel, dan telur rebus.

7 dari 7 halaman

Olahraga Pembakar Kalori

Berlari membantu Anda membakar kalori, mengurangi stres, dan menekan hormon nafsu makan. Jika Anda terbiasa berjalan maka tambahkan sedikit jogging pada olahraga secara berkala. Berlari atau joging membantu Anda membakar lebih banyak kalori lebih cepat daripada .

Tapi itu tidak berakhir di sini. Penelitian mengonfirmasi bahwa olahraga seperti berlari menghasilkan "after burn" yang berarti seseorang terus membakar lebih banyak kalori selama dua jam setelah Anda berhenti berlari.

Selain itu jika Anda tidak punya cukup waktu, kesabaran, atau peralatan, cukup lakukan push-up dan squat sederhana. Push-up dan squat hanya membutuhkan 15 menit dari dan hasilnya akan tampak seperti Anda telah menghabiskan waktu serius saat berkeringat di gym. Keduanya adalah latihan yang fantastis untuk membakar lemak, meregangkan pinggang,lengan dan kaki dalam waktu singkat.

Nah, itu tadi cara melangsingkan badan secara alami yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Loading