Sukses

5 Gerakan Senam Sederhana Ini Bisa Kecilkan Perut, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan perlu dilakukan bagi semua orang. Laki-laki maupun perempuan. Selain itu penampilan juga enggak bisa diremehkan. Banyak orang ingin terlihat sempurna. Salah satunya adalah perut yang rata, dan bukan perut yang gendut. 

Karena salah satu masalah kesehatan yang sering dialami adalah perut dengan ukuran tidak normal alias buncit. Penyebab perut buncit bisa dari perubahan hormon sampai pada kebiasaan sehari-hari yang disadari maupun yang tidak disadari.

Memiliki perut yang buncit membuat orang menjadi tidak percaya diri dalam penampilannya. Tak hanya itu, menumpuknya lemak di perut juga dapat memicu penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan bahkan kanker.

Nah, kali ini Liputan6.com, Rabu (20/2/2019) telah merangkum dari Brightside gerakan senam sederhana yang bisa kamu lakukan. Cukup meluangkan waktu sebentar dan dilakukan secara rutin, kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Simak, ya.

2 dari 6 halaman

1.  Double Knee Lift 

Gerakan ini mengharuskan kamu untuk mengangkat kedua kaki. Caranya, duduk di kursi dengan tegap dan kaki rapat. Sambil berpegangan pada sisi kursi, angkat kedua lutumu hingga ke dada.

Kemudian balik ke posisi semula, tapi kaki jangan sampai menyentuh lantai. Ulangi gerakan di atas sebanyak 10 – 20 kali.

3 dari 6 halaman

2. Knee-to-chest Lift

Mirip dengan gerakan yang pertama, bedanya gerakan ini hanya satu kaki. Caranya, duduklah di kursi dengan posisi punggung lurus, tapi jangan bersandar pada kursi, ya. Posisikan kaki dibuka selebar pinggul. 

Perlahan-lahan, angkat lutut sebelah kanan hingga menyentuh dada dan punggung tetap lurus. Tahan 5 – 8 detik, lalu kembalilah ke posisi semula dan ulangi gerakan di atas secara bergantian dengan lutut kiri sebanyak 20 – 30 kali.

4 dari 6 halaman

3. Bending

Gerakan ini mengharuskan kamu untuk menyentuh jari kaki dengan jari tangan. Caranya, duduk di kursi dengan tegap dan buka kaki selebar bahu. Kemudian rentangkan kedua tangan sejajar dengan bahu. 

Selanjutnya, bawa tangan kiri mu menyentuh jari-jari kaki kanan mu. Kemudian kembali ke posisi semula dan ulangi gerakan yang sama bergantian dengan tangan kanan sebanyak 20 -30 kali.

5 dari 6 halaman

4.  Knee-to-elbow Lift

Cara melakukan gerakan ini adalah dengan duduk di kursi dengan tegap dan letakkan tangan di belakang kepala seperti pada contoh ilustrasi. Perlahan-lahan, angkat lutut kiri dan secara bersamaan arahkan siku kanan hingga bertemu dengan lutut kirimu.

Lakukan gerakan ini bergantian dengan lutut kanan dan sikut kiri sebanyak 4 set, masing-masing set terdiri atas 15 kali gerakan.

6 dari 6 halaman

5. Body Lift

Gerakan ini menuntut kamu untuk mengangkat tubuh mu dengan menggunakan tangan. Sebelum melakukan gerakan ini, pastikan kamu menggunakan kursi yang kuat dan aman.

Caranya, duduk seperti biasa di kursi dengan badan tegap. Perlahan-lahan angkat badan mu hingga pinggang dan kaki mu melayang di udara. Gunakan otot perut mu untuk mengangkat lulut ke dada. 

Bertahanlah dalam posisi tersebut sekitar 15 – 20 detik, kemudian secara perlahan kembalilah ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 4 kali.