Sukses

2 Aktivitas Seru yang Bikin Pasangan Tambah Mesra

Bosan dengan aktivitas itu-itu saja bersama pasangan? Coba lakukan permainan berikut, tak cuma seru tapi juga bikin makin sayang dengan pasangan

Liputan6.com, Jakarta Permainan papan atau board game dan melukis ternyata memiliki manfaat bagi pasangan kekasih atau suami istri. Sebuah penelitian terbaru dari Baylor Univesity di Waco, Texas, Amerika Serikat menemukan, pasangan melepaskan oksitosin atau hormon cinta saat menghabiskan waktu untuk melakukan dua aktivitas ini.

"Pasangan yang bermain permainan papan akan lebih banyak berinteraksi karena mereka berkomunikasi tentang permainan dan strategi, atau karena mereka bersaing, dan lebih banyak interaksi membuat mereka melepaskan lebih banyak oksitosin," kata penulis studi Karen Melton seperti dikutip dari Medical News Today pada Selasa (19/2/2019).

Penelitian ini juga melihat bahwa hormon tersebut dilepaskan ketika priakelas melukis. Mereka mengalami kenaikan tingkat oksitosin hingga dua kali lipat seperti ditulis pada penelitian yang dipublikasikan di Journal of Marriage and Family ini.

Melton dan rekan-rekannya mendaftarkan 20 pasangan berusia 25 sampai 40 tahun. Mereka meminta para peserta untuk mengikuti dua jenis kencan yaitu "kelas seni bagi pasangan" dan "permainan di malam hari." Setiap kegiatan tersebut berlangsung sekitar satu jam.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bermainan permainan papan dan melukis

Para pasangan yang melakukan permainan papan mengisi waktu dengan bermain kartu, catur, domino, puzzle, monopoli dan lain-lain dengan pengaturan seperti dalam rumah. Sementara, mereka yang menghadiri sesi melukis melakukannya bersama dengan pasangan lainnya.

Setiap individu kemudian diberikan kuesioner. Beberapa pertanyaan termasuk interaksi dengan pasangan seperti kontak mata, sentuhan, dan komunikasi. Sebelumnya, mereka juga memberikan sampel urin begitu juga setelah berkegiatan.

Hasil penelitian mengungkapkan, kadar oksitosin semua indvidu naik. Namun, peningkatan tertinggi ada pada pria yang mengikuti kelas melukis bersama pasanganya.

Sementara, kenaikan oksitosin tertinggi berikutnya adalah pada perempuan yang melakukan permainan papan. Selain itu, mereka yang mengikuti kelas melukis lebih banyak melakukan sentuhan pada pasangannya dibandingkan yang bermain permainan papan.

"Ini menunjukkan bahwa beberapa jenis kegiatan mungkin lebih bermanfaat bagi pria daripada wanita dan sebaliknya," kata Melton menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.