Sukses

8 Arti Letak Jerawat di Wajah, Bisa Tunjukkan Masalah Kesehatan

Tumbuhnya jerawat bisa dikarenakan berbagai kondisi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat menjadi masalah kulit yang sering dialami cukup banyak orang. Jerawat merupakan kondisi umum yang dialami oleh hampir 10 persen dari populasi di dunia.

Tidak hanya saat muncul saja, bekas jerawat pun sering kali mengganggu penampilan dan akhirnya membuat seseorang jadi kurang percaya diri.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan jerawat kamu muncul, mulai dari bakteri, hormon, pori-pori yang tersumbat hingga makanan.

Tahukah kamu, tumbuhnya jerawat itu bisa dikarenakan berbagai kondisi kesehatan. Seperti, pertanda kalau kamu bakal datang bulan atau juga bisa karena homon. Ternyata letak tumbuhnya jerawat juga punya makna.

Hal itu disampaikan oleh ahli dermatologi sekaligus Education Manager di the International Dermal Institute Sydney, Australia, Emma Hobson dilansir dari Body and Soul. Menurutnya, jerawat pada wajah seperti peta yang bisa menunjukkan atau menjadi sinyal gangguan kesehatan.

Berikut makna letak jerawat yang menunjukan masalah kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arti Letak Jerawat di Wajah

1. Jerawat di Dagu

Arti jerawat di dagu menandakan ada perubahan hormonal pada tubuh. Terutama pada saat kamu masih remaja, atau kemungkinan pada usia 20 dan 30-an. Tapi, dagu juga berhubungan dengan usus besar. Jadi, menurut Emma, jerawat di dagu juga bisa menunjukkan kalau ada alergi terhadap makanan dan juga cara diet yang salah.

2. Jerawat di Kening

Arti jerawat di kening menandakan gangguan kesehatan pada pencernaan dan juga cara diet yang salah seperti pada jerawat di dagu. Area ini dipercaya berhubungan dengan perut dan juga kantung kemih. Jadi, jerawat pada kening mengindikasikan adanya gangguan pencernaan.

3. Jerawat di Antara Alis

Arti jerawat di antara kedua alis menandakan kalau kamu memiliki gangguan pada liver. Biasanya, jerawat akan muncul di area ini kalau kamu terlalu banyak minum minuman beralkohol atau bersoda. Selain itu, kalau kamu termasuk orang yang tidak kuat dengan kandungan susu, dan tetap makan makanan dan minuman mengandung lakstosa, jerawat di area wajah ini juga bisa tumbuh.

4. Jerawat di Pipi

Jerawat di pipi paling sering dimiliki seseorang. Namun, jangan anggap remeh jerawat yang tumbuh di pipi. Soalnya, area ini terkoneksi pada paru-paru. Menurut Emma, arti jerawat pada pipi juga bisa menandakan adanya iritasi pada paru-paru. Bisa jadi karena polusi udara atau juga karena hal lain yang mengganggu kesehatan paru-paru.

3 dari 3 halaman

Letak Jerawat Tunjukkan Masalah Kesehatan

5. T-Zone

Area ini juga berhubungan dengan liver dan sistem pencernaan. Menurut Emma, ini area yang juga menandakan dehidrasi, konsumsi alkohol dan soda yang berlebihan, serta makan makanan yang tidak sehat. Pasalnya, area T-zone ini sangat sensitif terhadap racun-racun. Kalau ada racun di dalam tubuhmu, area ini bakal bereaksi paling cepat dibandingkan dengan area lainnya.

6. Jerawat di Hidung

Ternyata, munculnya jerawat di hidung bisa jadi salah satu tanda kalau jantungmu sedang dalam keadaan kurang sehat. Selain itu, bisa jadi tekanan darahmu sedang tinggi. Jadi rajinlah olahraga, batasi makanan yang mengandung garam tinggi seperti junk food, dan perbanyak konsumsi buah-buahan.

7. Jerawat di Telinga

Pernahkan muncul jerawat di telingamu? Ini tandanya tubuhmu sedang mengalami dehidrasi. Salah satu cara mudah untuk menyiasatinya adalah dengan selalu meminum air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan dan ginjalmu tetap bersih. Kamu juga bisa mengonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka dan jeruk.

8. Jerawat di Leher

Hampir sama seperti jerawat di dagu, munculnya jerawat di leher bisa diakibatkan karena kaedadaan hormon yang kurang seimbang di dalam tubuh. Selain itu, kelelahan dan stres bisa menyebabkan di bagian ini muncul jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.