Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Kenali Penyebab Penis Berbau Tak Sedap

Ada beberapa penyebab yang membuat penis mengeluarkan aroma yang kurang sedap.

Liputan6.com, Jakarta Ternyata tidak hanya vagina yang beraroma, penis juga. Ada beberapa penyebab yang membuat organ intim pria ini mengeluarkan aroma. 

Situs NHS menjelaskan ada empat penyebab umum penis yang berbau. Apa saja? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Graphic, Sabtu (9/2/2019).

1. Penumpukan smegma

Smegma adalah pelumas alami yang ditemukan di sekitar kepala penis dan di bawah kulit kulup.Ketika itu menumpuk, mulai terlihat seperti zat putih, seperti keju.

Smegma terdiri dari sekresi minyak sebaceous dan sel kulit mati. Ketika menumpuk, bisa menjadi tempat sempurna bagi bakteri berkembang biak. Anda pun bisa mencium aromanya dan menyebabkan rasa sakit, terutama ketika harus menggerakkan kulit kulup bolak-balik.

Smegma umum terjadi pada penis yang tidak disunat, tapi bisa juga terjadi pada pria yang tidak memilik kulup. Tak hanya itu, wanita juga bisa mengalaminya dengan terbentuknya di antara lipatan labia atau di sekitar tudung klitoris.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Balanitis

 

Balanitis adalah jenis iritasi kulit yang memengaruhi penis dan kulup. Umumnya disebabkan penumpukan smegma, tetapi juga dapat disebabkan iritasi oleh urine, penggunaan sabun, dan gel mandi, sariawan, infeksi bakteri, IMS, atau kondisi kulit seperti eksim.

Selain mengeluarkan aroma yang tak sedap, gejala balanitis termasuk rasa sakit, gatal, kemerahan, bengkak, dan nyeri saat buang air kecil.

3. Infeksi menular seksual (IMS)

Beberapa IMS dapat menyebabkan penis berbau, termasuk gonore dan klamidia. Apabila Anda susah melakukan pemeriksaan kesehatan seksual secara teratur, tapi penis berbau maka Anda perlu memeriksakan diri.

3 dari 3 halaman

Cegah penis bau

Ketika penis berbau dan sudah mencoba rajin membersihkan area itu, cobalah mencari nasihat medis. Mereka tentunya akan mencari tahu penyebabnya serta mengobati masalah yang mendasarinya.

Kaum pria bisa mencegah penis berbau dengan tetap menjaga kebersihan, melakukan hubungan seks dengan pasangan resmi dan berhati-hatilah dengan produk yang Anda gosokkan pada anggota tubuh Anda. Lantas bagaimana cara membersihkan penis?

Tidak semua orang tahu cara membersihkan penis mereka. Namun, inilah panduan cepatnya:

1. Cuci penis dengan lembut dengan air hangat (tidak perlu sabun wangi atau gel mandi, yang dapat menyebabkan iritasi) setiap hari saat Anda mandi atau mandi.

2. Pada penis dengan kulup, tarik perlahan untuk mencuci bagian bawahnya.

3. Jika Anda merasa perlu menggunakan shower gel, pilih gel yang tidak diberi wewangian.

4. Pastikan juga untuk membersihkan pangkal penis dan testis, karena di situlah keringat terbentuk dan meninggalkan bau. Jangan menyemprotkan penis atau bola Anda dengan parfum atau produk keras lainnya.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.