Sukses

Agar Lavender dan Serai Lebih Efektif Usir Nyamuk DBD

Liputan6.com, Jakarta Lavender dan serai rupanya efektif mengusir nyamuk, khususnya nyamuk Aedes aegypti, pembawa virus demam berdarah (DBD). Kedua jenis tanaman ini punya aroma alami yang kuat.

Aroma alami lavender dan serai cukup disenangi manusia, sebaliknya membuat nyamuk tidak suka. Ketika mencium adanya lavender dan serai di rumah, nyamuk DBD pun enggan masuk ke rumah dan tidak menggigit manusia.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi, mengungkapkan lavender dan serai efektif mengusir nyamuk, tapi harus bersamaan dengan upaya penanganan DBD lain.

"Sebetulnya enggak ada masalah menggunakan tanaman lavender dan serai untuk mengusir nyamuk. Baik kedua tanaman itu utuh atau sudah jadi senyawa (semprotan) tertentu sama-sama bisa mencegah gigitan nyamuk. Tapi tetap harus dibarengi metode Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) juga," kata Nadia saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jakarta, ditulis Rabu, 6 Februari 2019.

Metode PSN bisa menggunakan larvasida untuk membunuh jentik-jentik nyamuk dan fogging (pengasapan) untuk memberantas nyamuk dewasa. Masyarakat juga bisa melakukan 3M (Menguras, Menutup, Mendaur Ulang) perlu dilakukan.

Menguras yakni membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampuangan air, seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, dan penampungan air lemari es.

Menutup rapat-rapat sejumlah tempat penampuangan air, misal drum, kendi, toren air, dan lain-lain dapat mencegah nyamuk DBD berkembangbiak. Mengubur dan mendaur ulang barang bekas yang tak terpakai bisa dilakukan.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Cara manfaatkan lavender dan serai

Ada beberapa cara memanfaatkan lavender dan serai agar efektif mengusir nyamuk. Dilansir dari Good Housekeeping, Anda bisa menanam lavender di halaman rumah maupun pot.

Lavender juga bisa ditaruh di pot di dalam rumah. Hal ini juga membuat aroma ruangan wangi. Sebelum Anda memindahkan bibit lavender, pastikan punya jenis pot yang tepat.

Tanam lavender dalam wadah yang terbuat dari bahan yang bernapas, seperti terra cotta. Ini membuat tanaman lebih besar potensi untuk mekar sempurna.

Minyak esensial yang dibuat dari lavender juga efektif mencegah gigitan serangga dan nyamuk. Untuk serai, Anda juga menanamnya di pot. Lalu letakkan di ruang tamu. Citronella, senyawa pada serai tidak disukai nyamuk.

Viral, Bayi Ini Diberi Nama Joko Widodo Ma'ruf

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Trik Rahasia Banyumas Turunkan Angka Penderita DBD
Artikel Selanjutnya
Gerak Cepat Garut Atasi DBD yang Semakin Mengkhawatirkan