Sukses

Fogging Hanya Berantas Nyamuk DBD Dewasa

Liputan6.com, Jakarta Ada anggapan yang beredar di masyarakat, fogging (pengasapan) dinilai kurang efektif sebagai upaya menekan penyebaran virus demam berdarah dengue (DBD). Namun, sasaran fogging sebenarnya ditujukan memberantas nyamuk DBD dewasa, bukan ikut membunuh jentik-jentik nyamuk Aedes aegypti.

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi, fogging tetap efektif dilakukan.

“Bukan tidak efektif, tapi ya harus didukung juga dengan PSN dan larvasida untuk membunuh jentik-jentik nyamuk. Karena kalau fogging itu hanya membunuh nyamuk dewasa, tidak menyasar ke jentik-jentik nyamuknya. Semuanya harus dilakukan bersamaan,” terang Nadia saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jakarta, ditulis Rabu (6/2/2019).

Kamdungan insektisida saat fogging yang dapat membunuh nyamuk DBD dewasa. Nadia juga menegaskan bahwa fogging tidak membuat nyamuk DBD menjadi resisten (tahan terhadap bahan kimia insektisida pengasapan). 

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Sasaran daerah fogging

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti juga menjelaskan, fogging dilakukan sebagai upaya menekan angka kasus DBD di Jakarta. Untuk melakukan fogging pun tidak sembarangan di setiap lokasi.

Saat terdeteksi adanya pasien yang kena kasus DBD di wilayah tertentu, tim Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta akan melakukan verifikasi, apakah memang benar di lokasi tersebut positif DBD atau bukan. Lingkungan tempat tinggal pun ditelusuri soal potensi adanya nyamuk maupun jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypti.

"Setelah terbukti di lokasi itu memang ada kasus DBD, tim kami akan melakukan upaya menanganinya. Fogging bisa dilakukan. Masyarakat juga diajak melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)," kata Widyastuti saat bertemu di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Jadi, jangan hanya mengandalkan fogging bila ingin menekan kasus DBD. Perlu juga dilakukan pemberantasan jentik-jentik nyamuk menggunakan metode PSN. 

Viral, Bayi Ini Diberi Nama Joko Widodo Ma'ruf

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Nyamuk Pembawa DBD pun Senang Hidup di Tempat Bersih
Artikel Selanjutnya
Agar Lavender dan Serai Lebih Efektif Usir Nyamuk DBD