Sukses

Buang Kebiasaan Melepas Alas Kaki di Pesawat

Cobalah untuk tidak terlalu sering melepas alas kaki saat berada di pesawat

Liputan6.com, Jakarta Kalau kamu tipikal penumpang yang suka melepas alas kaki ketika berada di kabin pesawat, sepertinya harus membuang jauh-jauh kebiasaan tersebut. 

Memang terasa menyenangkan duduk dengan kaki tak beralas ketika di pesawat. Kaki terasa lebih nyaman, tapi siapa sangka ada bahaya yang mengintai. Apalagi jika sampai ke toilet pun tidak menggunakannya. 

Dikutip dari Reader Digest, toilet pesawat mungkin terlihat sangat bersih. Padahal, kondisi sebenarnya justru sangat berbeda dengan yang tampak, alias sangat tidak higienis.

Di sela-sela penerbangan, toilet pesawat tidak pernah dicuci. Kru pesawat hanya membersihkan toilet dengan semprotan disinfektan, lap, dan mengganti tisunya.

Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat tidak pernah mengatur tatakelola kebersihan di pesawat apalagi menjalankan inspeksi. Jadi, kebersihan pesat adalah tanggung jawab sepenuhnya maskapai.

Karena ukuran toilet sangat kecil, bakteri mudah menyebar. Jika di lantai terdapat cairan, jangan buru-buru menyimpulkan itu adalah air sehingga jangan pernah melepas sepatu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal Lain yang harus dihindari

Selain itu, hindari kontak langsung dengan tombol flush, dudukan toilet, atau pegangan pintu. Jika harus melakukannya, gunakan tisu untuk melapisi kulit.

Toilet pesawat bukan satu-satunya tempat yang perlu kamu datangi dengan memakai sepatu. Tidak ada jaminan seluruh karpet di lantai pesawat terhindar dari bakteri.

Ketika ada orang sakit di pesawat, petugas hanya akan membersihkan karpet di tempat orang itu duduk. Mereka tidak mungkin membersihkan seluruh lantai, padahal potensi bakteri menyebar sangat besar.

Jadi, jangan pernah lepas alas kakimu saat berada di pesawat. Karena bahaya besar sedang mengintai meski rasanya nyaman.

Penulis Ahmad Baiquni / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.