Sukses

Ini Sebab Anak Kedua Cenderung Pemberontak dan Keras Kepala

Liputan6.com, Jakarta Penelitian Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serika, mengungkapkan bahwa anak kedua cenderung memiliki hasrat memberontak yang lebih besar. 

Namun, bagaimana juga setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagai orangtua, kita memang harus lebih peka terhadap kepribadian mereka agar komunikasi bisa berjalan baik.

"Anak kedua memang lebih menunjukkan perilaku pemberontak. Dan itu berlipat ganda untuk anak laki-laki kedua. Saya menemukan hasil yang luar biasa, bahwa anak kedua, dibandingkan dengan saudara mereka yang lebih tua, jauh lebih mungkin berakhir di penjara dan diskors di sekolah ketika usia remaja kenakalan remaja," ungkap Doyle, seperti dikutip dari BHG.

 

2 dari 2 halaman

Mengapa Bisa Begitu?

Perilaku buruk ini kemungkinan besar karena pengaruh saudara pertamanya yang lebih tua. Pasalnya, saudara yang lebih muda cenderung meniru perilaku kakak mereka.

"Anak sulung memiliki panutan, yang adalah orang dewasa. Dan yang kedua, anak-anak yang kemudian lahir memiliki panutan yang sedikit tidak rasional," ungkap Doyle.

Doyle menganalisis data dari keluarga di Denmark dan negara bagian Florida. Dalam keluarga dengan dua anak atau lebih, anak laki-laki kedua berada di urutan 20 hingga 40 persen lebih mungkin untuk didisiplinkan di sekolah dan memasuki sistem peradilan pidana dibandingkan dengan anak laki-laki anak pertama.

Jadi para orangtua, bersiaplah menghadapi sikap penuh pemberontakan si nomor dua.

 

Laporan : Mutia Nugraheni / Dream.co.id

Penampakan Hati Ayam Bertuliskan Angka dan Huruf di Kupang

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Langkah Cerdik Penuhi Nutrisi untuk Anak di Tanggal Tua
Artikel Selanjutnya
Efek Janji Sihir Menggiurkan di Tanzania, 6 Anak Tewas dan Organ Tubuhnya Hilang