Sukses

Ini Sebab Anak Kedua Cenderung Pemberontak dan Keras Kepala

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak kedua cenderung keras kepala dan pemberontak

Liputan6.com, Jakarta Penelitian Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serika, mengungkapkan bahwa anak kedua cenderung memiliki hasrat memberontak yang lebih besar. 

Namun, bagaimana juga setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagai orangtua, kita memang harus lebih peka terhadap kepribadian mereka agar komunikasi bisa berjalan baik.

"Anak kedua memang lebih menunjukkan perilaku pemberontak. Dan itu berlipat ganda untuk anak laki-laki kedua. Saya menemukan hasil yang luar biasa, bahwa anak kedua, dibandingkan dengan saudara mereka yang lebih tua, jauh lebih mungkin berakhir di penjara dan diskors di sekolah ketika usia remaja kenakalan remaja," ungkap Doyle, seperti dikutip dari BHG.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengapa Bisa Begitu?

Perilaku buruk ini kemungkinan besar karena pengaruh saudara pertamanya yang lebih tua. Pasalnya, saudara yang lebih muda cenderung meniru perilaku kakak mereka.

"Anak sulung memiliki panutan, yang adalah orang dewasa. Dan yang kedua, anak-anak yang kemudian lahir memiliki panutan yang sedikit tidak rasional," ungkap Doyle.

Doyle menganalisis data dari keluarga di Denmark dan negara bagian Florida. Dalam keluarga dengan dua anak atau lebih, anak laki-laki kedua berada di urutan 20 hingga 40 persen lebih mungkin untuk didisiplinkan di sekolah dan memasuki sistem peradilan pidana dibandingkan dengan anak laki-laki anak pertama.

Jadi para orangtua, bersiaplah menghadapi sikap penuh pemberontakan si nomor dua.

 

Laporan : Mutia Nugraheni / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini