Sukses

Cek, Penyebab Tubuh Bisa Gemuk Saat Musim Hujan

Cuaca dingin karena musim hujan tiba bisa membuat tubuh kita gemuk, apa penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta Hari-hari di musim hujan ternyata bisa membuat kita gemuk. Ada kaitan antara cuaca dingin karena musim hujan dengan risiko gemuk. Berat badan bisa bertambah.

Ahli gizi Susie Burrell mengungkapkan, saat hujan kemungkinan kita akan menghabiskan sebagian besar waktu di dalam ruangan, baik di dalam kantor maupun di rumah agar terhindar dari hujan.

"Semakin sering kita di dalam ruangan, semakin dekat pula dengan makanan. Akses terhadap makanan akan besar. Tak ayal, semakin banyak kita akan makan," kata Susie, dilansir dari News, Rabu, 23 Januari 2019.

Ini berarti pada hari-hari hujan ketika kita menghabiskan istirahat makan siang di dalam ruangan, setoples biskuit atau coklat akan tampak sangat menarik. Menghabiskan hari-hari yang panjang di rumah pun cenderung membuat seseorang lebih banyak bolak-balik ke dapur untuk mengambil makanan.

Agar tetap sibuk dan jauh dari dapur (untuk mengambil makanan), beri diri Anda batasan waktu makan.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih banyak nonton TV

Saat akhir pekan dan malam hari yang hujan, kita cenderung untuk tetap beraktivitas di rumah, salah satunya nonton TV. Saat menghabiskan waktu menonton TV, kemungkinan besar kita akan banyak mengemil.

Mengemil pun juga dipengaruhi iklan TV. Jika Anda perlu meyakinkan diri, cukup hitung, berapa banyak iklan yang menampilkan makanan cepat saji dan camilan yang menggoda.

"Untuk menghindari mengemil lebih banyak, hindari membeli sekantong biskuit dan cokelat blok. Batasi membeli camilan manis atau membelinya di hari tertentu saja," saran Susie.

3 dari 3 halaman

Bosan

Ketika kita lebih banyak tinggal di dalam rumah selama beberapa hari, terutama saat hari-hari hujan, Anda akan merasa bosan. Rasa bosan dapat mendorong kita untuk mengemil lebih banyak.

"Sebaiknya, tetaplah sibuk sehingga Anda tidak pernah bosan. Jadi, tidak mencari alasan untuk makan (lebih banyak)," Susie melanjutkan.

Manfaatkan hari-hari hujan untuk melakukan semua pekerjaan yang ingin dilakukan. Misal, bersih-bersih rumah atau apa pun yang membuat pikiran Anda sibuk sehingga Anda tidak memikirkan makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.