Sukses

6 Tanda Pernikahan Terjadi Tanpa Cinta

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan harusnya terjadi didasari dengan rasa cinta. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat rasa tersebut tidak terasa bagi suami istri.

Pernikahan yang tanpa cinta tidak sama dengan pernikahan tanpa seks. Namun, melansir Prevention pada Senin (17/12/2018) menurut psikolog klinis Ramani Durvasula, tidak ada kriteria bagaimana pernikahan terjadi tanpa seks. Selain itu, definisi tersebut bisa bervariasi tiap-tiap pasangan.

Di sisi lain, pernikahan yang tanpa cinta membuat seseorang merasa tidak dicintai atau dirawat oleh pasangan. Menurut terapis seks Ian Kerner, Anda harus mengetahui situasi tersebut, dari bagaimana pasangan Anda merasakannya.

Jika enam hal ini terjadi terus menerus, mungkin pernikahan Anda terjadi tanpa cinta.

1. Ada jarak yang konstan di antara kalian berdua

Dalam sebuah rumah tangga, seseorang mudah terperangkap dalam rutinitas karena anak atau pekerjaan. Karena hal ini Durvasula mengatakan, Anda atau pasangan mungkin mengesampingkan hubungan tanpa disadari.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

2 dari 3 halaman

Mengesampingkan hubungan pernikahan

2. Bagian lain hidup menjadi yang utama

Kera, mencari uang, dan kewajiban sebagai keluarga, terkadang memudarkan asmara dalam sebuah rumah tangga. Walaupun begitu, Durvasula mengatakan terkadang Anda menjadi tidak peduli akan hal tersebut.

3. Komunikasi yang mati

Durvasula mengatakan, orang bisa menjauhkan diri satu sama lain karena stres. Hal ini membuat mereka merasa tidak dicintai. Bahkan terkadang, pasangan menjadi malas untuk berdiskusi atau berargumen. Padahal, hal itu sesungguhnya investasi untuk membuat hubungan menjadi lebih baik.

 

3 dari 3 halaman

Tidak peduli pada pasangan

4. Hubungan seks terasa tidak benar

Kerner mengatakan, dalam sebuah pernikahan yang tanpa cinta, hubungan seks mungkin saja terjadi. Namun, ini hanya sebagai pelepasan hasrat secara fisik belaka.

5. Anda atau pasangan merasa tidak peduli

Sikap apatis adalah emosi yang kuat. Jika Anda atau pasangan tidak peduli terhadap apa yang dilakukan oleh pasangannya, bahkan yang mengecewakan sekalipun, hal tersebut bisa jadi bendera merah.

"Ini benar-benar hidup di lingkungan yang gersang secara emosional," kata Kerner.

6. Pasangan tidak merespon kerja keras Anda

Ini adalah pertanda bahwa pernikahan Anda berada dalam hubungan yang tanpa rasa cinta. Jika Anda berusaha menghidupkan kembali hubungan tersebut, namun pasangan tak merespon, Durvasula mengatakan berhati-hatilah.