Sukses

Olahan Pir dan Pisang Ampuh Ringankan Sakit Asam Lambung

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda tahu bahwa pir dan pisang dapat membantu meringankan gejala gastritis atau asam lambung?

Gastritis merupakan peradangan pada dinding lambung yang banyak dialami siapa pun dan dapat terjadi kapan saja.

Pemicu paling umum adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Selain itu, ada beberapa faktor lain, seperti:

- Parasit,

- Penggunaan obat penghilang rasa sakit secara berkepanjangan,

- Tukak lambung,

- Penyakit Crohn,

- Penyakit autoimun dan gangguan sistem kekebalan lainnya,

- Infeksi virus,

- Kebiasaan buruk (seperti merokok atau penyalahgunaan alkohol),

- Operasi perut,

- Stres tinggi,

- Refluks asam.

Biasanya, jika Anda mengalami gejala seperti mual, kembung, perut terasa penuh atau rasa terbakar pada ulu hati yang memburuk akan disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat. Juga menghindari makanan mengandung lemak jenuh, pedas ataupun produk susu, dan kopi.

 

Dari semua makanan tersebut, buah pir dan pisang dinilai baik untuk mengatasi gejala tersebut. Seperti dilansir Step to Health, pir mengandung vitamin B (B1, B2, dan B3), vitamin A dan C, serta serat tinggi. Buah ini juga berperan mengatur sistem saraf dan pencernaan Anda.

Sedangkan pisang adalah buah yang mengandung banyak serat dan protein dan rendah lemak. Hal ini menjadikan buah ini sebagai sumber energi yang luar biasa yang dapat mengurangi iritasi saat asam lambung melanda.

Cara konsumsinya juga mudah. Anda cukup ambil satu pir dan satu pisang. Lalu, masukkan keduanya ke dalam blender dan sedikit air (sekitar 200ml). Minumlah dengan semua seratnya. Kedua buah ini dinilai bisa mengatasi kondisi tidak nyaman saat asam lambung.

 

Saksikan juga video menarik berikut

Loading