Sukses

Cara Membuat Kopi Hijau untuk Diet, Alami Pangkas Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Sudah sejak lama, kopi dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun biasanya, salah satu manfaat kopi ini tidak termasuk bisa menurunkan berat badan

Nah kini muncul jenis kopi baru yang kabarnya bisa membantu menurunkan berat badan. Kopi hijau mulai booming setelah ditampilkan dalam acara kesehatan terkenal The Dr. Oz Show. 

Kopi hijau ini dikonsumsi dalam bentuk ekstrak dan berasal dari biji kopi yang belum dipanggang. Biji kopi mengandung senyawa bernama chlorogenic acids. Senyawa ini dipercaya memiliki efek antioksidan, membantu menurunkan tekanan darah, dan menurunkan berat badan. 

Pada biji kopi biasa, kandungan chlorogenic acids ini sudah berkurang akibat proses pemanggangan. Inilah kenapa, minum kopi biasa tidak akan seefektif minum kopi hijau untuk menurunkan berat badan.

Lantas, berapa cangkir kopi hijau yang harus diminum untuk bisa membantu menurunkan berat badan? Apapun yang berlebihan itu berbahaya, jadi pastikan kamu tidak mengonsumsi lebih dari tiga cangkir kopi hijau setiap hari. Meminum terlalu banyak kopi hijau tidak akan mempercepat proses penurunan berat badan. Dan hindari juga untuk minum kopi hijau langsung setelah makan.

2 dari 4 halaman

Kandungan Dalam Kopi Hijau

Kopi memang identik dengan warna hitam, namun berbeda dengan kopi hijau atau green coffee. Cara membuat kopi hijau merupakan kopi biasa seperti kopi pada umumnya, hanya saja disebut dengan kopi hijau karena kondisi kopinya masih berwarna hijau dan belum dipanggang. Baik itu jenis arabika, robusta atau berbagai macam kopi lainnya tanpa dipandang darimana asal kopi tersebut. Cara membuat kopi hijau mempunyai manfaat yang sangat banyak, termasuk bagi meningkatkan kesehatan. Kopi ini mengandung antioksidan tinggi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta memperkuat daya tahan tubuh. 

Tubuhpun akan terhindar dari serangan radikal bebas yang memicu timbulnya masalah kesehatan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kopi ini juga berguna untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena biji kopi hijau belum melalui proses pemanggangan, di mana proses pemanggangan tersebut dapat mengurangi jumlah asam klorogenat. Nah kandungan zat asam klorogenat inilah yang dipercaya sangat ampuh untuk menurunkan berat badan tanpa berolahraga sekalipun. Mengenal manfaat tersebut, pasti setiap orang baik terlebih lagi wanita ingin menurunkan berat badan secara mudah dengan kopi hijau.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Kopi Hijau Untuk Diet

Sisi positif dan negatif kopi hijau layaknya dua sisi mata uang yang tak bisa terlepaskan. Untuk menghindari sisi negatif dan memperoleh manfaatnya, perhatikan porsi konsumsinya. Konsumsilah dengan bijak dan tidak berlebihan. Cara membuat kopi hijau untuk diet dengan benar tidaklah sulit, bahkan dapat dibuat sendiri di rumah. 

Kopi hijau dipasaran dapat ditemukan dalam beberapa jenis, masih berbentuk biji, bubuk hingga kapsul. Jika tidak ingin repot dalam mengolah, dapat memilih kopi hijau bubuk atau kapsul yang banyak dijual di berbagai supermarket atau minimarket. Berikut cara membuat kopi hijau untuk diet secara benar seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber. 

1. Cara membuat kopi hijau pertama kali adalah sediakan 1 gelas kopi hijau dengan 3 gelas air untuk merebus, takaran merebus ini 1:3. Jadi bila ingin membuat 2 gelas kopi hijau maka dibutuhkan air 6 gelas dan begitu seterusnya.

2. Cara membuat kopi hijau kedua adalah sediakan panci bersih untuk merebus kopi, tuangkan 3 gelas air dan tambahkan 1 gelas kopi hijau tersebut.

3. Cara membuat kopi hijau ketiga adalah dengan nyalakan kompor dan masak kopi sambil sesekali diaduk secara perlahan agar kopi merata. Setelah mendidih kecilkan api dan rebus kembali selama 12 menit, tetap aduk rebusan kopi hijaunya.

4. Kemudian matikan api dan saring kopi. Agar lebih nikmat dapat ditambahkan ekstra seperti madu. Tunggu hingga dingin untuk meminumnya.

4 dari 4 halaman

Efek Samping Kopi Hijau

Memiliki beragam manfaat, ternyata kopi hijau juga memiliki sisi negatif. Cara membuat kopi hijau untuk diet juga harus benar, agar terhindar dari efek negatif. Perlu diketahui juga bahwa kopi hijau memiliki kandungan kafein di dalamnya yang kurang baik bagi tubuh. Selama mengkonsumsi kopi hijau dalam dosis yang tepat, memungkinkan kopi ini masih aman dikonsumsi.

Konsumsilah maksimal 480 mg per hari selama maksimal 12 minggu. Hal ini sangat penting diperhatikan mengingat kafein pada kopi hijau sama dengan kopi biasanya. Kafein memang memiliki manfaat untuk merubah mood atau perasaan seseorang, tapi juga memiliki dampak negatif. Kafein akan membuat peminumnya merasa kecanduan, tak heran bila penikmat kopi selalu rutin minum kopi.

Bahkan coffee addict akan merasa belum lengkap bila belum minum kopi dalam sehari. Pemberi rasa pahit pada kopi tersebut juga memberikan efek berbahaya seperti insomnia atau susah tidur. Inilah yang membuat setiap kali minum kopi mata akan langsung terbuka lebar. Memang kopi ini dapat dipergunakan untuk menurunkan tekanan darah, tapi bila terlalu banyak mengkonsumsi kafein yang terdapat pada kopi, juga dapat mengakibatkan penyakit hipertensi hingga stroke. Bukan itu saja efek samping kopi hijau bila dikonsumsi secara berlebih juga dapat membuat sakit kepala, rasa cemas, gelisah hingga penyakit jantung. Sebab meminum banyak kafein akan memberi efek jantung berdetak lebih kencang dan memicu penyakit jantung.