Sukses

Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk Berdahak, Mudah Dipraktikkan di Rumah

Sesak nafas karena batuk berdahak dapat menjadi hal yang berbahaya apabila tidak segera ditangani, gunakan cara-cara berikut untuk mengatasi sesak nafas dikarenakan batuk yang berdahak.

Liputan6.com, Jakarta Tindakan yang kami sarankan berikut adalah langkah awal sebelum kondisi penderita penyakit sesak nafas mengalami fase kritis.

Apabila penderita sesak nafas mengalami kesulitan bernafas sehingga wajahnya membiru atau pingsan segera hubungi rumah sakit atau segera bawa ke rumah sakit terdekat.

Pernahkah anda merasakan sulit bernafas yang sangat menyiksa? Bila jawabnnya adalah ya, maka kamu sedang mengalami Dyspnea atau sesak nafas. Ketika paru-paru tidak mendapatkan cukup pasokan udara, kamu akan merasa sesak nafas atau kesulitan bernafas. Akibatnya, napasmu jadi cepat, dangkal, dan kadang berbunyi ‘ngik-ngik’. Dada pun terasa nyeri seperti ada yang melilit erat dada anda dengan tali. Semua sensasi yang melemahkan tubuh anda ini adalah gejala awal dari apa yang biasa kita kenal dengan istilah asma

Tak jarang, banyak yang mengira kalau sesak nafas itu sudah pasti asma. Padahal belum tentu. Sesak napas dapat muncul tiba-tiba (akut) atau bersifat kambuhan dalam jangka panjang (kronis), dan bisa diakibatkan sejumlah masalah kesehatan berbeda selain asma. 

Salah satunya adalah karena sedang batuk berdahak. Batuk berdahak  merupakan masalah gangguan tenggorokan yang umum dan bisa dialami semua orang. Sedangkan sesak nafas merupakan keluhan kesehatan yang berhubungan dengan adanya masalah pada sistem saluran pernapasan.

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak dapat dilakukan dengan 2 cara secara bersamaan yaitu dengan cara umum dan cara tradisional. Kedua cara tersebut saling berkaitan dan dapat mendukung terlaksananya proses penyembuhan relatif lebih cepat. Berikut cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber

Jumat, 08 Juli 2022

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Umum Mengatasi Sesak Nafas

Berikut cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak dengan cara umum:

  • Menggunakan minyak kayu putih

Cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak bisa dengan minyak kayu putih. Minyak kayu putih dioleskan pada seputar dada dengan mengikuti arah jarum jam. Minyak kayu putih mengandung cineole, linalool, dan terpineol yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, bau aroma minyak kayu putih juga akan memberikan efek aroma terapi yang dapat melancarkan pernapasan menjadi lebih lega

  • Menggunakan Uap Panas

Cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak lainnya adalah dengan uap panas. Menghirup uap air panas yang sebelumnya telah ditambahkan minyak kayu putih atau sereh atau kayu manis dapat membantu melancarkan pernapasan.

 

  • Mengatur posisi tidur

Memperhatikan posisi tidur ternyata juga dapat meringankan sesak nafas. Tidur terlentang adalah posisi terbaik untuk menjaga jantung memompa darah senantiasa lancar dan menyebabkan saluran pernafasan tetap dalam kondisi normal. Perhatikan juga posisi bantal agar tidak terlalu tinggi supaya posisi leher Anda tidak terlalu tertekuk hingga menghambat jalur pernapasan pada bagian tenggorokan.

  • Kafein

Perhatikanlah jumlah kafein yang Anda konsumsi. Sebaiknya hindari minum minuman yang mengandung kafein untuk mencegah munculnya sesak nafas, karena kafein bisa menyumbat jalan nafas dan menurunkan kinerja saluran pernafasan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

 

  • Membatasi Aktivitas Berat

Melakukan aktivitas berat. Hindari atau batasi tubuh untuk tidak terlalu lelah. Aktivitas terlalu berat dapat menekan saraf, otot dan pembuluh darah seputar dada termasuk pada saluran pernapasan.

  • Merokok dan alkohol

Bagi mereka yang mengalami gangguan pernapasan hingga sesak napas yang mengakibatkan batuk berdahak, disarankan untuk tidak merokok dan tidak minum alkohol. Hindari bahaya merokok bagi alat pernafasan manusia atau hindari minum alkohol sesegera mungkin. Ini untuk memberi kesempatan bagi sistem pernafasan memperbaiki dirinya sendiri menjadi lebih baik sehingga anda dapat terhindar dari masalah sesak nafas.

  • Obat-obatan

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak adalah dengan tidak minum obat-obatan sembarangan. Hindari penggunaan obat tanpa resep dokter yang bisa menyumbat pernafasan ketika terjadi iritasi pada dinding saluran pernafasan. Kondisi ini menyebabkan sesak nafas.

3 dari 3 halaman

Cara Tradisional Mengatasi Sesak Nafas

Berikut cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak dengan dengan bahan tradisional:

1. Daun kenanga

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak bisa dengan daun kenanga. Daun kenanga bisa dicuci lalu direbus hingga mendidih, Setelah dingin saringlah untuk kemudian tambahkan madu secukupnya sebelum dikonsumsi 2 kali sehari. Daun kenanga dapat melegakan pernafasan sekaligus mengurangi dahak berlebih.

2. Bunga kenanga

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak juga bisa dengan memanfaatkan bunga kenanga. Ya, bunga kenanga juga memiliki kemampuan secara klinis membuka penyempitan pembuluh darah pada organ pernafasan sehingga sesak nafas bisa dihilangkan. Bunga kenanga juga bisa membantu mengencerkan dahak sehingga bisa cepat dikeluarkan.

 

3. Daun Sirsak

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak lainnya bisa dengan daun sirsak. Daun sirsak adalah daun yang terkenal memiliki kandungan senyawa yang dapat mengatasi gangguan pernafasan dan tenggorokan paling ampuh, yaitu terdiri dari senyawa murikatosin, acetoginin, zat anopentosin dan lain-lain. Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak dapat dengan cara minum rebusan air sirsak 1 kali sehari secara rutin untuk sistem pernafasan lebih sehat. Perlu diketahui bahwa penggunaannya yang berlebihan dapat memicu efek samping daun sirsak yang sangat berbahaya. Untuk itu minumlah rebusan daun sirsak tidak lebih dari satu cangkir saja dalam satu hari.

4. Daun paterseli

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak adalah dengan menggunakan beberapa helai daun peterseli yang dicuci lalu direbus sampai mendidih. Air rebusannya efektif untuk melegakan pernafasan, membuka penyumbatan di saluran pernafasan dan merangsang dahak menjadi lebih encer. Daun paterseli dapat dikonsumsi 2 kali sehari sampai sesak nafas dan batu berdahak sembuh. 

5. Rebusan sereh

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak selanjutnya dengan sereh. Tanaman sereh memiliki kandungan zat anti inflamasi dan minyak atsiri yang tinggi sehingga keharumannya mampu membuak jalan nafas menjadi lega kembali. Rebuslah beberapa daun dan batang sereh lalu gunakan uap panasnya untuk dihirup secara perlahan lahan. Uap panasnya bermanfaat untuk memperbaiki sistem pernafasan agar menjadi lebih baik. 

6. Bawang putih

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak bisa juga dengan bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang bertindak sebagai antioksidan yang mampu mengurangi dahak dan melegakan saluran pernafasan sehingga dapat menghilangkan sesak nafas serta dada nyeri. Potonglah bawang putih menjadi beberapa bagian lalu diblender dan tambahkan madu untuk menetralisir rasa getirnya. Minumlah dengan takaran satu sendok makan saja 2 kali sehari setiap hari dan jangan berlebihan. Hal ini untuk menghindari efek samping bawang putih bagi kesehatan tubuh yang dapat menggagalkan proses penyembuhan sesak nafas dan batuk berdahak itu sendiri.

7. Jahe dan madu

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak bagi anak dan dewasa bisa dengan memanfaatkan jahe dan madu. Parutlah jahe lalu sedih dalam air panas dan tambahkan madu sesuai dengan selera dapat pula dicampurkan beberapa tetes air jeruk nipis agar cita rasanya semakin nikmat. Minumlah ramuan tradisional yang nikmat ini 2 kali sehari . 

8. Kunyit dan madu

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak bisa dengan kunyit dan madu. Kunyit mengandung segudang senyawa penyembuh terdiri dari anti inflamasi, antibiotik alami, anti bakteri dan lain-lain yang terbukti ampuh untuk cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak. Perasan kunyit dapat dicampur dengan air matang secukupnya dan 1 sendok teh madu murni. Minumlah 2 kali sehari secara rutin. Minuman ini aman untuk segala usia selama penggunaannya  tidak berlebihan. Bagaimanapun juga  efek samping kunyit wajib diketahui karena bisa mengancam dan merugikan kesehatan tubuh. 

 

9. Kapulaga

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak lainnya bisa dengan kapulaga. Ambillah 3 buah kapulaga dan bersihkan lalu rebuslah hingga mendidih. Airnya bisa dikonsumsi 2 kali sehari guna menghilangkan sesak nafas dan mempercepat dahak keluar sehingga sesak nafas dan batuk dapat segera disembuhkan. Kapulaga hanya boleh digunakan dan dikonsumsi oleh usia dewasa. Mengingat zat yang ada pada kapulaga terbilang keras dan tidak cocok untuk organ tubuh anak-anak.

10. Teh herbal

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak bisa dengan teh herbal yang bisa dikonsumsi anak, dewasa dan orang tua. Di dalam teh herbal terkandung zat anti inflamasi dan antioksidan yang bisa melindungi sistem pernafasan tetap dalam kondisi baik dan mampu memecah lendir dahak sehingga mudah untuk dikeluarkan. Minumlah teh herbal 2 kali sehari pagi dan menjelang tidur malam.

 

11. Jus Apel

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak ternyata juga bisa dengan buah apel. Apel merupakan buah yang baik bagi kesehatan jaringan pencernaan, pernafasan bahkan dapat melindungi saluran tenggorokan dari peradangan akibat serangan bakteri yanag ada pada dahak berlebih. Jus apel bisa dikonsumsi 1 hingga 2 kali sehari . 

12. Cengkeh

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak selanjutnya dengan cengkeh. Di dalam cengkeh terdapat senyawa aktif yang dapat memecah lendir dahak menjadi lebih encer hingga ketika sekali batuk dahak mudah dikeluarkan. Cengkeh juga bisa menghangatkan dada dan melegakan pernafasan.  Rebuslah beberapa cengkih tua dengan takaran air yang telah disesuaikan dengan banyaknya cengkih. Setelah air mendidih lalu dinginkan lalu saringlah. Sebelum diminum tambahkan satu sendok makan madu murni untuk menyeimbangkan rasa pahit dan pedasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.