Sukses

Penting Bicara Soal Kontrasepsi Dengan Anak, Ini Waktu yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta Banyak orangtua yang masih enggan untuk membicarakan soal kontrasepsi ke anak-anaknya. Jangankan berbicara soal kontrasepsi, berbicara soal seks sendiri masih banyak orangtua yang enggan untuk melakukannya.

Para orangtua tersebut beranggapan kalau kelak ia membicarakan soal seks ke anak-anaknya, maka anak tersebut akan mencoba untuk melakukan hal yang tidak diinginkan.

Jangan salah, justru sebaliknya, ketika Anda tidak pernah membahas itu kepada anak Anda, maka anak tersebut akan mendorong anak-anak Anda untuk melakukan hubungan seks sebelumnya, dan juga meningkatkan risiko kehamilan yang tidak diinginkan, serta juga penyakit menular seksual.

Seperti dilansir sexuality.doctoissimo, Sabtu, 24 November 2018, orangtua wajib memberitahukan bukti-bukti dan menyoroti soal kontrasepsi itu sendiri. Terlebih lagi berkaitan dengan pil dan jenis-jenis kontrasepsi lainnya.

Bahkan, jika Anda memberikan persetujuan kepada anak Anda untuk menggunakan itu, justu itu akan membuat anak-anak Anda untuk berpikir ulang tidak melakukannya.

 

2 dari 2 halaman

Penjelasan Soal Kontrasepsi

Sebagai orangtua, Anda wajib mengatakan dan menjelaskan lebih dalam soal kontrasepsi itu sendiri. Jika Anda melakukan itu, sama saja Anda melindungi anak-anak Anda dengan seks bebas.

Menurut sebuah penelitian, sebaiknya Anda mendiskusikan soal kontrasepsi dan potensi bahaya dari seks itu sendiri dengan anak Anda. Jangan sampai anak Anda mengetahui ini semua dari orang lain, yang justru akan berakibat fatal untuk Anda.

Dengan membicarakan semua itu dari awal, Anda memberikannya tanggung jawab untuk tumbuh menjadi anak yang lebih dewasa. Dan membantunya mempersiapkan diri di masa depan.

Sangatlah penting untuknya untuk dilengkapi dengan ilmu-ilmu sederhana seperti itu. Semoga, dengan Anda membicarakannya bersama anak Anda secara dewasa dan terbuka, maka hal-hal yang tidak Anda harapkan akan terwujud.