Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

10 Penyebab Muncul Benjolan pada Penis (1)

Pria harus memerhatikan, ada beberapa kemungkinan penyebab benjolan muncul pada penis.

Liputan6.com, Jakarta Ada benjolan, tonjolan atau bintil-bintil pada penis mungkin membuat para pria cemas. Benjolan yang tak terduga dapat muncul di mana saja di bagian tubuh, tak terkecuali di alat kelamin.

Anda tentu merasa tidak nyaman bila ada benjolan pada penis. Dokter umum  dari Your Doctor, Riccardo Di Cuffa menjelaskan, ada berbagai macam kemungkinan penyebab muncul benjolan di penis.

Pearly penile papules (PPP)

Ini adalah benjolan kecil yang biasanya ada di kepala penis. Benjolan mungkin tampak dalam satu atau dua baris dan menyebar di sekitar kepala penis, tetapi hal itu benar-benar normal.

Benjolan ini muncul sendirinya, bukan disebabkan perawatan penis yang buruk maupun ditularkan secara seksual. PPP umumnya tidak memiliki gejala dan tidak memerlukan perawatan apa pun, dilansir dari Netdoctor, Senin (5/11/2018).

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fordyce

Ini adalah kelenjar minyak yang ada di berbagai bagian tubuh 80 hingga 95 persen orang dewasa. Pada kepala atau batang penis kelenjar terlihat seperti bintik-bintik kecil kekuningan atau putih.

Hal itu normal, tidak berbahaya dan menyakitkan. Kondisi ini tidak membutuhkan perawatan.

Kutil kelamin

Kutil kelamin kecil, pertumbuhan atau benjolan yang dapat muncul pada batang dan kepala penis atau di bawah kulup. Itu disebabkan virus papiloma (HPV), yang merupakan infeksi menular seksual (IMS).

Kutil kelamin biasanya lebih besar dan berbentuk sedikit mirip cauliflower atau kembang kol. Kutil kelamin juga dapat berkembang di area lain selain penis, seperti skrotum atau anus.

Kutil kelamin dapat diobati dengan krim atau obat cair. Kutil dapat muncul kembali meski sudah diobati. Ini karena tidak ada obat permanen untuk kutil kelamin dan mungkin butuh waktu bagi tubuh untuk membersihkan virus.

3 dari 3 halaman

Lichen planus

Kondisi ini berupa ruam gatal terdiri dari benjolan ungu atau merah yang dapat memengaruhi banyak area tubuh, termasuk penis. Ini tidak menular dan biasanya menjadi baik dengan sendirinya.

Meskipun mungkin diperlukan waktu sekitar sembilan bulan sembuh dalam beberapa kasus. Krim dan salep dari dokter umum dapat mengontrol ruam dan mengurangi rasa gatal.

Limfosit

Kondisi ini adalah pembengkakan yang muncul tiba-tiba pada batang penis setelah berhubungan seks atau masturbasi. Kondisi terjadi karena saluran getah bening sementara diblokir (tidak dialiri darah).

Pembengkakan akan segera mereda dan tidak akan menyebabkan masalah permanen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.