Sukses

Lewat Simulasi Sidang PBB, Anak Muda Bisa Paham Isu Dunia

Liputan6.com, Jakarta Bagi anak muda yang ingin belajar belajar mengenai relasi internasional, ada sebuah bentuk simulasi sidang Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Simulasi sidang ini akrab disebut Model United Nations (MUN). MUN ini akan digelar di Asia pada 11-14 Januari 2019 di Kuala Lumpur, Malaysia.

MUN merupakan sidang simulasi PBB yang diikuti para peserta anak muda dari berbagai negara. Peserta dalam simulasi PBB disebut delegasi. Setiap delegasi akan mewakili suatu negara dengan membahas suatu topik yang akan melibatkan keterampilan menulis, meneliti, berkomunikasi, berdebat, dan menguji sikap kepemimpian.

Berdasarkan rilis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis target peserta tahun depan akan diikuti 700 delegasi dari 200 negara, yang terdiri dari mahasiswa, pelajar, dan umum dengan maksimal usia 25 tahun. Acara ini bertajuk Global Goals Model United Nations (GGMUN) 2019, Let's Realize 17 Global Goals for A Brighter World (Mari Realisasikan 17 Tujuan Global untuk Dunia yang Lebih Cerah). 

Menurut Direktur PT International Global Network, Muhamad Fahrizal, GGMUN 2019 juga bertujuan memberdayakan kesadaran remaja mengenai hubungan dan isu-isu Internasional saat ini. Peserta diajak memahami, dan mencoba untuk membentuk solusi demi menyelesaikan isu-isu tertentu.

Kegiatan ini memberikan momen kepada para peserta sebagai delegasi resmi untuk dapat langsung mewakili negara yang ditugaskan serta merasakan suasana konferensi PBB.

“Animo anak muda untuk ikut di event GGMUN 2019 ini sangat besar. Menjadi tantangan besar bagi kami untuk mengakomodir minat anak muda. Pada GGMUN 2019 ini pendaftarnya bertambah dua kali lipat dari tahun lalu dan jumlah negara yang ikut juga bertambah,” tambah Fahrizal.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Topik yang diangkat

GGMUN 2019 akan menghadirkan tujuh forum berdasarkan Global Goals di Meeting Session. Setiap forum yang diangkat memiliki satu topik menarik yang akan dibahas dalam Meeting Session.

Kegiatan ini merupakan setiap delegasi untuk menjadi perwakilan suatu negara dan membahas topik tertentu dengan delagasi lainnya. Setiap delegasi hanya dapat memilih satu forum untuk ikut andil dalam Meeting Session.

GGMUN bertujuan menjadi platform bagi para diplomat muda masa depan agar mampu memahami isu-isu global dan kebijakan. Selain itu, para delegasi akan berdebat dan berbagi perspektif bersama delegasi lain didampingi para pakarnya langsung. Para pakar berllatar belakang dan etnis yang berbeda dari beberapa negara di seluruh dunia.

Ada tujuh forum diskusi yang akan diangkat di GGMUN meliputi Pengentasan Kemiskinan, Mengakhiri Kelaparan, Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan, Pendidikan Bermutu, Kesetaraan Gender, Akses Air Bersih dan Sanitasi, serta Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

 

Artikel Selanjutnya
Kim Jong-un Melunak, Kenapa Kondisi HAM di Korea Utara Masih Buruk?
Artikel Selanjutnya
PBB: 14 Juta Penduduk Yaman Terancam Kelaparan