Sukses

Cara Mengatasi Keputihan Berlebihan Secara Alami, Mudah Diterapkan di Rumah

Kesehatan miss V juga harus terus dijaga.

Liputan6.com, Jakarta Keputihan memang hal lumrah yang dirasakan oleh semua kaum hawa. Namun jika keputihan terus-menerus dan menyebabkan miss V gatal-gatal dan bau memang sangat mengganggu kenyamanan. Hal ini dapat menyebabkan rasa percaya diri semakin berkurang karena terus merasa nggak nyaman dan takut orang bisa mencium baunya.

Nah jika ternyata keputihan kamu berbau, bisa jadi itu tanda bahwa keputihan tidak normal. Tentu saja kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter terkait hal ini. Berikut tanda-tanda keputihan tidak normal:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tanda keputihan tidak normal

1. BerbauUmumnya, keputihan yang normal tidaklah bau. Ketika keputihanmu berbau bahkan menyengat dan hampir dikatakan seperti bau busuk, maka bisa jadi ada kuman yang bersarang dan berkembang biak di miss V.

2. BerwarnaKetika normal, warna keputihan adalah bening dan transparan. Jika berwarna putih susu masih tidak apa-apa. Namun jika sudah hijau pekat, kuning, atau bahkan disertai dengan darah, ini masuk dalam kategori keputihan yang tidak normal.

3. Menimbulkan gatalArea miss V kamu gatal dan ketika mengalami keputihan? Ini juga merupakan salah satu ciri miss V dalam masalah.

4. Nyeri ketika kencingNyeri ketika kencing merupakan tanda bahaya ketika kamu sedang mengalami keputihan. Ini tanda bahwa kuman sudah sampai di kandung kemihmu.

Jika hal-hal tersebut terjadi, jangan anggap remeh keputihan yang kamu alami. Segera tindak lanjuti dengan berkonsultasi pada dokter. Namun acap kali, wanita Indonesia masih malu jika harus pergi ke dokter kelamin. Lagi, kamu harus segera menemukan solusinya agar keputihan tak normal ini segera teratasi.

Nah, kamu bingung bagaimana harus mengatasinya? Ada cara mudah dan murah sebagai pertolongan pertama mengatasi keputihan yang tidak normal yakni dengan cara menghilangkan keputihan secara alami. Nyatanya, alam telah menyediakan tanaman yang berguna sebagai cara menghilangkan keputihan secara alami. Berikut cara mengatasi keputihan secara alami yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (28/10/2018).

3 dari 6 halaman

Cara mengatasi keputihan: 1. Bawang putih

Bawang putih sudah merupakan resep herbal turun temurun dikarenakan zat-zat yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Mengonsumsi bawang putih secara rutin bahkan dapat menghambat bakteri masuk pada area kewanitaanmu. Kamu bisa mengonsumsi bawang putih dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur. Begitulah cara menghilangkan keputihan dengan bawang putih.

4 dari 6 halaman

2. Kunyit

Kandungan zat anti-bakteri pada kunyit dapat membantu menghilangkan keputihan membandel pada miss V. Kamu hanya perlu meminum air perasan kunyit yang telah diparut setiap hari.Cara mengatasi keputihan dengan kunyit:

Kuliti dan bersihkan 2 buah kunyit

Parut kunyit

Peras sarinya dengan menambahkan air

Tambahkan 1 sdm madu

Minum 2 kali dalam sehari. Rutin minum perasan kunyit setiap hari agar keputihan segera teratasi.

5 dari 6 halaman

3. Daun Sirih

Cara mengatasi keputihan dengan daun sirih juga sudah terkenal. Buktinya adalah dengan banyaknya produk pembersih miss V yang menggunakan ekstrak sirih. Zat dalam daun sirih juga bersifat sebagai antibakteri dan antijamur. Cara mengatasi keputihan dengan hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air hanya tinggal setelah. Minum air rebusan daun sirih setiap hari.

6 dari 6 halaman

4. Daun Sambiloto

Daun sambiloto juga dapat menjadi cara menghilangkan keputihan secara alami. Caranya sama dengan mengonsumsi daun sirih. Yaitu dengan merebus daun sambiloto dengan air lalu meminumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini