Sukses

Bagaimana Cara Menemukan Kebahagiaan dalam Hidup?

Kebahagiaan sesungguhnya berasal dari dalam diri kita sendiri dan bisa ditemukan dengan beberapa cara ini

Liputan6.com, Jakarta Bahagia adalah sebuah hal yang dicari oleh semua manusia. Namun sayangnya, banyak dari kita yang salah dalam mengartikan kebahagiaan dan membuat kita mencarinya dengan cara yang salah.

Dalai Lama dalam "The Book of Happiness" mengatakan bahwa manusia itu sendiri yang sesungguhnya menciptakan kondisi yang melemahkan kebahagiaan. Hal tersebut disebabkan karena kecenderungan negatif pikiran, reaksi emosional, atau ketidakmampuan untuk menghargai dan menggunakan sumber daya dalam diri.

Mengutip Step to Health pada Kamis (25/10/2018), Dalai Lama mengatakan kunci kebahagiaan ditemukan dalam diri sendiri. Termasuk sikap dan reaksi yang diambil dan terapkan dalam kehidupan.

Apabila manusia memiliki kemampuan untuk membuat penderitaan, mereka juga memiliki kapasitas untuk menghasilkan kegembiraan.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

14 Prinsip Dasar Kebahagiaan

Menurut Michael Fordyce, seorang pelopor dari psikologi positif (metode dan kegiatan yang memiliki tujuan menumbuhkan perasaan, tindakan, dan kognisi positif), ada 14 prinsip dasar kebahagiaan. Mereka adalah:

1. Tetap aktif dan sibuk

2. Lebih banyak bersosialisasi

3. Jadilah produktif dalam pekerjaan yang signifikan

4. Jadilah terorganisir dan melakukan perencanaan

5. Hindarilah rasa khawatir

6. Turunkan ekspektasi dan aspirasi

7. Kembangkan pemikiran positif dan optimis

8. Hiduplah di masa sekarang

9. Bekerja dengan kepribadian yang sehat

10. Kembangkan kepribadian ekstrovert dan mudah bergaul

11. Jadilah dirimu sendiri

12. Hilangkan perasaan dan masalah negatif

13. Hubungan yang erat adalah sumber utama untuk kebahagiaan

14. Hargailah kebahagiaan.

3 dari 3 halaman

Membutuhkan Kekuatan dan Ketabahan

Selain itu, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mencapai sebuah kebahagiaan. Mereka adalah: menghindari iri hati, menikmati emosi positif, dan menerima pengalaman yang menyakitkan.

Yang pasti, mencapai sukacita dan motivasi membawa kita kebahagiaan yang membutuhkan kekuatan, ketabahan, dan kerja keras. Namun, hidup dengan sukacita berarti menjalani hidup dengan lebih baik,

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.