Sukses

Ketahui Faktor Penyebab Bayi Sungsang

Penelitian menyebutkan bahwa posisi bayi sungsang terjadi sekitar 3-4 persen dari seluruh kehamilan.

Liputan6.com, Jakarta Bayi sungsang adalah kondisi ketika posisi kepala bayi berada di bagian atas rahim, sementara kaki atau bokongnya berada di bagian bawah rahim (dekat dengan jalan lahir). Padahal, idealnya posisi kepala bayi di dalam kandungan berada di bawah dekat dengan jalan lahir.

Penelitian menyebutkan bahwa posisi bayi sungsang terjadi sekitar 3-4 persen dalam kehamilan. Kondisi bayi sungsang biasanya diketahui pada usia kehamilan 35 atau 36 minggu melalui pemeriksaan USG. Penyebab kehamilan sungsang memang belum dapat dijelaskan secara pasti.

Namun, ada beberapa faktor penyebab terjadinya posisi bayi sungsang dalam kehamilan. Berikut diantaranya:

- Bukan kehamilan pertama

- Riwayat persalinan prematur di kehamilan sebelumnya

- Cairan ketuban terlalu banyak atau sedikit

- Mengalami plasenta previa, yakni bagian plasenta menutupi mulut rahim

- Kelainan pada rahim seperti fibroid atau tumor rahim

- Usia ibu terlalu muda atau tua saat kehamilan.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menangani posisi bayi sungsang

Biasanya, kehamilan dengan posisi bayi sungsang dianjurkan melakukan proses persalinan melalui operasi caesar. Jenis operasi ini merupakan cara paling aman untuk mengeluarkan bayi dari kandungan jika masih dalam posisi sungsang dan sudah memasuki waktunya persalinan.

Namun, sebelum waktu persalinan tiba, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan bila Anda masih menginginkan persalinan normal, salah satunya adalah dengan melakukan tindakan External Cephalic Version (ECV) mendekati waktu persalinan (usia kehamilan 36 sampai 38 minggu).

Tindakan ini harus dilakukan oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan atau bidan yang terlatih. Tindakan ECV dilakukan dengan cara memberi pijatan atau penekanan pada permukaan perut ibu hamil yang bertujuan untuk memutar posisi bayi dalam kandungan.

Saat melakukan ECV, diperlukan bantuan pemeriksaan USG untuk membantu memberi gambaran posisi bayi. Meski demikian, ECV tidak dapat dilakukan pada semua kehamilan dengan bayi sungsang. Misalnya pada kondisi kehamilan kembar, terdapat masalah plasenta dan lilitan tali pusat. Solusi yang terbaik tentunya akan diperoleh dari hasil pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter.

 

 

Penulis: Andika Widyatama/Klikdokter.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.