Sukses

Makan Banyak Lemak Jenis Ini Tak Bikin Gendut

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua lemak diciptakan sama. Ada lemak yang memang buruk bagi kesehatan, tapi ada beberapa jenis juga yang justru bisa mencegah terhindar dari penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung.

Lemak jenuh pada daging, susu, atau telur, dan lemak trans yang tersimpan di kentang goreng dan kue-kue, bisa menyumbat arteri ke jantung jika berlebihan dikonsumsi. Akibatnya, risiko penyakit jantung koroner meningkat. 

Ahli Gizi dari Departemen Nutrisi dan Diet, Rumah Sakit Wanita dan Anak-anak KK Singapura, Kellie Kong, mengatakan, tidak usah takut apabila yang masuk ke dalam tubuh adalah lemak yang berasal dari ikan.

Ikan mengandung omega-3. Menurut Kellie, omega-3 merupakan tak jenuh ganda yang merupakan kunci untuk kesehatan yang optimal. Lemak jenis ini cocok bagi wanita yang harus mendapatkan asupan lemak, tapi tak bikin gemuk.

Lebih lanjut, omega-3 sendiri terbagi menjadi asam alfa-linolenat (ALA), asam docosahexaenoic (DHA), dan asam eicosapentaenoic (EPA).

"Dua yang terakhir ditemukan pada jenis ikan tertentu, yang paling dibutuhkan oleh tubuh kita," kata Kellie dikutip dari Singapore Health XChange pada Selasa, 9 Oktober 2018.

ALA, bentuk yang lebih dasar dari omega-3, bersembunyi di biji jerami. ALA bisa berubah bentuk menjadi DHA dan EPA di dalam tubuh kita.

Ketika ALA sudah berubah menjadi DHA dan EPA, kegunaannya pun tak sekadar baik bagi kesehatan jantung, tapi juga bagus untuk otak.

Lemak pada ikan ini baik bagi jantung, yang dapat menjaga irama jantung agar tetap teratur, mengurangi tekanan darah, menurunkan kadar lemak darah, dan memperlambat laju penyumbatan arteri.

Sehingga, Kellie menekankan bahwa tak perlu takut untuk mengonsumsi lemak dari ikan ini karena tak akan bikin gemuk, asal diolah dengan benar.

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Simak Video Menarik Terkait Lemak Berikut Ini;