Sukses

Penyebab Lemak Lebih Senang Menumpuk di Perut

Ada penyebab kenapa lemak lebih senang menumpuk di bagian perut, yang berujung pada obesitas perut.

Liputan6.com, Jakarta Lemak yang menumpuk di bagian perut menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami seseorang. Ini karena penumpukan lemak yang terpusat di perut berujung perut buncit. Dalam istilah medis disebut obesitas sentral atau obesitas perut (abdominal obesity).

Penyebab lemak senang menumpuk di perut dipengaruhi oleh gaya hidup seseorang. Ditemui di Hotel Aryaduta, Jakarta, pakar gizi sekaligus Sekretaris Indonesia Nutritional Association (INA), Saptawati Bardosono menjelaskan hal tersebut.

"Makanan yang masuk diubah jadi lemak. Lemak yang berkumpul di perut karena orang kurang bergerak. Misal, dia cuma duduk saja," kata Tati, sapaan akrabnya, ditulis Selasa (21/8/2018).

Bagi seseorang yang hanya duduk, menonton, dan makan, perilaku itu jauh lebih berbahaya. Lemak akan semakin menumpuk di perut.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan teratur dan olahraga

Tati menyarankan, guna menghindari penumpukan lemak di perut, seseorang perlu mengatur pola makan. Menggabungkan pola makan seimbang dan olahraga teratur membuat seseorang terhindar dari penumpukan lemak perut.

"Dibantu olahraga juga untuk hilangkan lemak di perut. Kita enggak bisa cuma ke dokter gizi aja, tapi ke dokter olahraga. Dokter olahraga yang ikut bantu meresepkan gerakan olahraga apa yang cocok," saran Tati.

Anda pun perlu banyak bergerak. Hindari duduk terlalu lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.