Sukses

Depresi atau Sedih, Lihat 8 Gejala Ini

Apa saja gejala-gejala orang yang mengalami depresi?

Liputan6.com, Jakarta Konsultan Asosiasi dari Departemen Psikiatri Singapore General Hospital (SGH), Dr Poon Shi, mengimbau, agar kita cepat ambil tindakan saat menemukan teman atau saudara yang mengalami sedih berkepanjangan, karena ditakutkan sudah menjurus ke depresi.

Depresi dan sedih berkepanjangan adalah dua hal yang berbeda. Wajar jika seseorang jadi bersedih setelah menghadapi kekelahan maupun kekecewaan. Namun, itu hanya berlangsung tidak lebih dari dua atau tiga minggu.

Dr Poon Shi Hui, mengatakan, jika seseorang merasa tidak berharga lebih dari tiga minggu, mungkin saja orang tersebut mengalami depresi.

Untuk lebih gampangnya, inilah delapan tanda atau gejala seseorang mengalami depresi seperti dikatakan Poon, dikutip dari Singapore Health Center pada Sabtu, 29 September 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8 Gejala Depresi

1. Merasa sedih atau hampa dalam kurun waktu yang lama

2. Kehilangan minat melakukan aktivitas sehari-hari

3. Berat badan menurun drastis selama kurun waktu tersebut

4. Kehilangan waktu tidur atau justru tidak berlebihan

5. Merasa lelah hampir setiap hari

6. Merasa pesimis, tidak berharga, atau bersalah.

7. Konsentrasi terus berkurang

8. Terus menyebut ingin bunuh diri. Ingat, jangan pernah anggap ini sebuah candaan. Jangan juga Anda beranggapan bahwa mereka tak mampu melakukan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Depresi adalah kelainan suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat terus-menerus.

    Depresi

Video Terkini