Sukses

Biar Otak Makin Cerdas, Lakukan 5 Hal Ini di Kereta atau Bus

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang di Jabodetabek dan kota-kota lain menghabiskan waktu berjam-jam di kereta atau bus, pulang pergi rumah kantor. Biasanya, saat di kereta atau bus banyak yang menghabiskan waktu dengan scrolling media sosial atau menonton serial drama.

Padahal, selama perjalanan panjang tersebut bisa jadi kesempatan kita untuk mempertajam otak. Hal ini disampaikan pakar neurosains dokter Liron Jacobson asal London.

Berikut lima saran Liron agar otak makin cerdas yang bisa dilakukan selama perjalanan di bus atau kereta seperti dilansir Daily Mail, Selasa (25/9/2018).

1. Bikin perencanaan hari ini

Saat duduk di kereta atau bus, ini bisa jadi kesempatan untuk menuliskan rencana hari itu. Tulis apa saja yang akan dilakukan hari itu, serta perasaan negatif yang muncul memulai hari. Saat pulang, bisa juga menuliskan aneka hal positif yang berlangsung tadi.

Dengan menuliskan jurnal seperti ini setiap hari, memaksa Anda memperhatikan hal yang terjadi hari ini dan memaksimalkan ingatan. Dua hal ini membuat seseorang mengevaluasi pekerjaan serta menantang otak untuk bisa mempersiapkan hari esok lebih baik lagi.

2. Belajar hal baru

Sebagian dari kita senang mempelajari hal baru atau meningkatkan kualitas diri, tapi merasa tak punya waktu. Padahal, Anda bisa melakukan hal ini selama di kereta atau bus. Ketika mengembangkan keterampilan baru itu bisa memperkuat jalur saraf di otak.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

2 dari 2 halaman

3. Ajang mindfulness untuk lepaskan stres

3. Ajang mindfulness

Ketika mendengar kata 'meditasi', biasanya yang terbayang suasana tenang dalam keadaan diam. Sesungguhnya, bisa juga tidak dilakukan tidak seperti itu. Meditasi adalah penting untuk fokus menyadari apa yang ada di depan Anda sekarang.

Mungkin Anda melewati rute yang sama setiap hari, tapi coba untuk berpikir hal berbeda. Misalnya, dengan melihat jendela dan memperhatikan detail-detail yang ada di luar, mungkin ada anjing menggemaskan sedang di luar rumah.

Latihan mindfulness seperti ini terbukti mengurangi stres dan kecemasan, sebuah cara yang baik untuk bersantai saat menempuh perjalanan dari dan ke tempat kerja.

4. Melakukan hobi

Merajut atau melakukan hobi lain selama di perjalanan juga sebagai salah satu meditasi. Stres atau kecemasan bisa berkurang ketika melakukan hal ini.

5. Gim menantang otak

Kini sudah banyak tersedia aplikasi gim yang melatih otak. Memainkan gim perhitungan atau logika akan membuat otak 'olahraga', sehingga ingatan pun semakin tajam.