Sukses

Frekuensi Kentut Lebih Sering dari Biasanya, Kenapa Ya?

Mengonsumsi makanan tinggi serat atau intoleran laktosa bisa membuat kamu kentut lebih sering.

Liputan6.com, Jakarta Pernah tidak menghitung berapa kali Anda kentut dalam sehari? Normalnya, rata-rata manusia kentut sekitar 20 kali dalam sehari. Jika lebih dari itu, mungkin ada masalah dengan sistem pencernaan Anda.

Ada beberapa kemungkinan frekuensi kentut jadi lebih sering dari hari biasa. Bisa karena asupan yang dimakan atau alergi terhadap makanan. Seperti dilansir Reader's Digest, Minggu (23/9/2018) berikut.

1. Konsumsi brokoli dan kubis dalam jumlah banyak

Usai makan kubis, kacang, kol, brokoli juga bisa membuat seseorang kentut. Makanan tersebut kaya serat sehingga baik untuk menjaga sistem pencernaan, mengatur kadar gula darah, kolesterol dan berat badan. Namun, konsumsi makanan tersebut bisa membuat jadi kentut-kentut.

Perut dan usus kecil tidak dapat menyerap beberapa komponen seperti serat, gula, pati, Ketika gula yang tidak dapat dicerna mencapai susu besar, bakteri yang mendiami saluran pencernaan akan memakannya dan menghasilkan gas sebagai produk sampingan seperti disampaikan gastroenterolog, Rebekah Gross.

2. Makan terlalu cepat

Setiap kali makan atau minum, mulut juga menelan udara. Bila makan terlalu cepat, berarti akan lebih banyak udara yang masuk. Cara tubuh untuk mengeluarkannya lewat bersendawa atau kentut.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Bakteri usus tak seimbang

Beberapa kondisi kesehatan seperti infeksi, diabetes atau komplikasi operasi bisa mengganggu keseimbangan bakteri usus. Sehingga menghasilkan gas berlebihan yang dikeluarkan lewat kentut.

4. Sindrom iritasi usus besar

Seseorang yang mengalami sindrom usus besar cenderung kentut berlebih, kembung dan diare. Lalu, saraf-saraf usus pada penderita sindrom iritasi usus besar juga sangat sensitif yang menyebabkan produksi gas bertambah di usus seperti diterangkan Gross.

"Olahraga, amat penting bagi orang dengan kondisi ini karena akan membantu mengeluarkan gas," katanya.

5. Tak cocok dengan produk olahan susu

Seseorang yang mendadak kentut-kentut usai mengonsumsi yoghurt, keju dan semua produk berbahan susu kemungkinan mengalami intoleransi laktosa. Yang disebabkan oleh kekurangan atau tidak adanya enzim laktase yang mencerna laktosa (gula pada susu), sehingga mengakibatkan perut kembung dan sering buang gas.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.