Sukses

Ini Pertanda Kafein dalam Tubuh Sudah Berlebihan

Walaupun menyegarkan, kafein seperti yang ada dalam kopi dan minuman berenergi bisa berbahaya jika dikonsumsi berlebihan

Liputan6.com, Jakarta Sekalipun menjadi minuman "penyelamat" di kala kantuk dan bosan melanda, namun kopi juga bisa berbahaya apabila dikonsumsi dengan berlebihan. Hal tersebut dikarenakan kandungan kafein yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebih.

Sama seperti berbagai makanan dan minuman maupun obat-obatan lain, kopi juga tidak boleh disalahgunakan. Melansir dari Times of India pada Minggu (2/9/2018) jika tubuh mulai merasa gelisah dan sedikit kejang, mungkin hal tersebut menjadi pertanda untuk berhenti mengkonsumsi kafein.

Gejala lain yang bisa saja terjadi mungkin saja termasuk detak jantung yang meningkat, kewaspadaan yang berlebihan, mual, pusing, berkeringat, muntah, dan yang terburuk adalah serangan jantung.

Toleransi orang akan kafein sendiri berbeda-beda. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), Anda tidak boleh mengkonsumsi hal tersebut lebih dari 400 miligram per hari. Tidak hanya kopi namun juga minuman dan makanan yang lainnya.

Sehingga, berhati-hatilah juga terhadap minuman berenergi dan teh yang dikonsumsi dalam waktu singkat. Semua produk itu mengandung kafein yang bisa merusak tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

* Saksikan keseruan Upacara Penutupan Asian Games 2018 dan kejutan menarik Closing Ceremony Asian Games 2018 dengan memantau Jadwal Penutupan Asian Games 2018 serta artikel menarik lainnya di sini.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jika Berlebihan

Apabila Anda merasa sudah mengkonsumsi kafein berlebihan, minumlah sebotol air. Air membantu menghilangkan kafein berlebih dari sistem tubuh dan membantu mengurangi beberapa gejala.

Selain itu, aktivitas fisik ringan seperti jogging dan berjalan bisa membantu tubuh untuk memetabolisme kafein lebih cepat.

Anda juga harus mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium dan magnesium jika merasa mengalami kelebihan kafein. Ini karena hal tersebut mengurangi jumlah magnesium dan potasium dalam tubuh Anda.

Jika belum merasa lebih baik juga, segera carilah bantuan medis. Beberapa gejala yang harus diwaspadai adalah kesulitan bernapas, detak jantung tidak teratur, kejang, dan juga muntah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.