Sukses

Ini Dia Layanan di Medical Center Wisma Atlet Asian Games

 

Liputan6.com, Jakarta Medical Center bagi para atlet yang akan berlaga di Asian Games 2018 yang berlokasi di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat memberi layanan instalasi gawat darurat 24 jam, spesialis penyakit dalam, orthopedi, kegawatdaruratan dan mata. “Layanannya ada IGD 24 jam, layanan spesialis penyakit dalam, orthopedi, emergency medicine dan mata” ujar Kepala Poliklinik di Wisma Atlet, dr. Fernando Bintang Cristo kepada Menteri Kesehatan saat mengunjungi wisma atlet, Rabu lalu.

Menurut Fernando, pelayanan kesehatan di medical center Wisma Atlet sudah dibuka sejak Sabtu, 11 Agustus 2018 dengan jumlah tenaga kesehatan yang disiagakan sebanyak 20 orang per shiftnya. Pada awalnya kunjungannya masih sedikit karena belum banyak kontingen atlet yang tiba, namun saat ini kunjungannya mencapai 15-20 pasien per hari.

“Rata-rata keluhan saat ini adalah sport injury berupa cedera saat latihan maupun cedera kompetisi. Layanan lainnya yang paling banyak dicari adalah layanan fisioterapi”, imbuhnya.

Menkes juga meninjau beberapa ambulans yang telah disiagakan. Juga dining area untuk para atlet untuk memastikan keberadaan fasilitas cuci tangan sebelum makan di lokasi tersebut. Selanjutnya, menkes juga mengunjungi medical center yang berada di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Terdapat 1 medical center dan 79 medical station di setiap venue pertandingan di lokasi tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, menkes menyemangati para tenaga kesehatan dari rumah sakit umum pusat dan daerah dan rumah sakit TNI/POLRI, serta para tenaga kesehatan volunteer yang telah mulai bersiaga. 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.