Sukses

Menkes Nila Ingatkan, Penting Bagi Ibu Hamil Makan Ikan

Liputan6.com, Jakarta Di Provinsi Gorontalo, ikan mudah diperoleh. Tak ayal, sajian Gorontalo juga sarat dengan masakan yang berbahan dasar ikan.

Ketika berkunjung ke pendopo Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek menyampaikan, betapa pentingnya makan ikan, khususnya untuk ibu hamil.

"Gorontalo ini kan kaya ikan. Ikan perlu diberikan untuk ibu hamil," ungkap Menkes Nila, ditulis pada Kamis (19/7/2018).

Menkes Nila menjelaskan, kandungan protein dan Docosahexaenoic acid (DHA) sangat bagus untuk perkembangan janin. Janin dapat terbentuk dan berkembang dengan baik.

Di dalam ikan, ada juga kandungan EPA (Eicosapentaenoic acid) yang membantu pertumbuhan organ tubuh janin dan sel-sel otak janin.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

Penyuluhan ikan di sekolah

Tak hanya diperuntukkan untuk ibu hamil saja. Penyuluhan tentang seluk-beluk manfaat ikan juga menyasar anak sekolah.

"Di sini (Gorontalo), kami punya program fish to school (ikan masuk ke sekolah)--SD. Penyuluhan ikan bahwa ikan itu kaya protein dan sehat dikonsumsi masyarakat," ungkap Idah Syahidah, istri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Yang menarik, penyuluhan ikan di sekolah juga mengundang ibu dari para siswa. Para ibu yang mendampingi anak mereka masing-masing diajarkan membuat kudapan kreatif dari ikan.

"Ibu-ibu diajarkan mengolah ikan yang benar," Idah menambahkan.

Artikel Selanjutnya
Di Gorontalo, Syiar Germas Tiap Jumatan di Masjid
Artikel Selanjutnya
Kampanye Isi Piringku, Mengintip Menu Khas Masyarakat Gorontalo