Sukses

6 Fakta Mengejutkan tentang Cinta yang Perlu Kamu Tahu

Coba simak fakta-fakta mengejutkan tentang cinta yang mungkin belum kamu tahu.

Liputan6.com, Jakarta Cinta adalah hal yang indah dan menyenangkan. Tak hanya membuat hati berbunga-bunga, cinta juga punya manfaat bagi kesehatan. Penasaran? Coba simak fakta-fakta mengejutkan tentang cinta yang mungkin belum kamu tahu.

Simak enam fakta terkait cinta seperti dilansir dari laman The Healthsite, Sabtu (7/7/2018) berikut ini:

1. 5 Tahap Cinta

Para peneliti mengidentifikasi ada lima tahapan cinta. Tahapan itu bisa membantu memperkokoh hubungan atau malah berhenti di tengah jalan.

Lima tahap cinta itu adalah: sensasi butterflies (perut seperti penuh kupu-kupu), membangun cinta (building), asimilasi, kejujuran, dan kestabilan.

Cinta pada tahap pertama meningkatkan kadar libido. Pada tahap ini biasanya individu yang tengah dimabuk cinta akan lupa nyaris segalanya, termasuk hilangnya nafsu makan. Sementara pada tahap kedua, tubuh melepas neurokimia, memicu meluapnya perasaan senang yang berujung pada perasaan "cemas yang membahagiakan".

Tahap ketiga cinta adalah munculnya pertanyaan, apakah hubungan romantis itu benar atau salah. Dan tahap keempat yaitu meningkatnya kadar stres untuk pertama kali. Ketika pasangan telah melewati empat tahap cinta, tahap terakhir akan meningkatkan kadar kepercayaan dan keintiman yang mengarah pada hubungan yang stabil. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cinta Bikin Bodoh

2. Cinta Membuat Bodoh

Orang yang tengah jatuh cinta cenderung kurang fokus dan tak mampu menyelesaikan tugas yang memerlukan perhatian dengan baik. Ini adalah hasil dari sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Motivation and Emotion. Semakin besar rasa cinta yang dirasakan, semakin rendah kadar fokus mereka dalam mmenyelesaikan sebuah tugas.

3. Cinta Membuat Berat Badan Naik

Studi yang dilakukan oleh UKMedix.com menemukan, frame berpikir wanita bisa berpengaruh pada berat badannya. Dengan kata lain, wanita yang tengah jatuh cinta cenderung mengalami kenaikan berat badan.

Studi tersebut juga mencatat, berat badan rata-rata wanita bertambah 3,2 kg di tahun pertama hubungan romantis.

3 dari 3 halaman

Musik Bisa Bikin Jatuh Cinta

4. Musik Bisa Bikin Jatuh Cinta

Sebuah studi di Jepang mengungkap, musik latar berperan penting membantu seseorang jatuh cinta. Alasannya, musik yang lembut bisa mengubah perilaku seseorang dan membuatnya tampak lebih mempesona ketika berbincang.

Riset yang dilakukan oleh Aoyama Gakuin University ini menunjukkan, dampak musik bisa lebih kuat ketika seseorang memilih musiknya sendiri. Jadi, bila kamu berencana untuk menyatakan cinta atau bahkan melamar pujaan hati, pastikan memilih musik yang tepat ya.

5. Mata, Jendela Kejujuran Cinta

Para peneliti di University of Chicago menemukan, seseorang akan menatap wajah calon pasangan atau pasangannya jika memiliki perasaan cinta. Namun, jika yang dirasakan hanyalah nafsu, orang akan cenderung mengarahkan pandangan pada bagian tubuh tertentu.

Tanda-tanda tersebut sangat mudah dikenali bahkan dalam waktu sesingkat setengah detik. Hanya dengan mencermati pola pandangan mata seseorang, kamu akan bisa membaca apakah yang dimilikinya adalah cinta atau sekadar nafsu.

6. Perilaku Seksual Dipengaruhi oleh Hormon Cinta

Peneliti telah mengungkap kelas terbaru dari sel otak oxytocin-responsive yang memengaruhi ketertarikan seorang wanita terhadap lawan jenis.

Oksitosin disebut-sebut sebagai hormon cinta karena memiliki peran terhadap perilaku sosial seperti ikatan antarpasangan serta kasih sayang keibuan. Studi tersebut juga menemukan, ketika pelepasan hormon cinta ini terganggu, ketertarikan wanita terhadap pasangannya pun akan berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.