Sukses

Minum Air Es Bikin Gemuk, Apa Iya?

Minum air putih atau air mineral kemasan bersuhu dingin tanpa tambahan yang lain tidak membuat gemuk karena nol kalori.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda pernah mendengar seorang teman mengatakan, 'Eh kalau minum air es nanti gemuk lho'. Bagi sedang menurunkan berat badan hal itu bisa bikin panik. Namun, benarkah minum air es bikin gemuk?

Minum air es usai makan memang jadi kebiasaan sebagian orang. Katanya, minum air es terasa lebih menyegarkan dibanding air suhu ruangan.

Sesungguhnya, minum air putih atau air mineral kemasan bersuhu dingin tanpa tambahan yang lain tidak membuat gemuk karena nol kalori. Namun, bila air es itu dicampur dengan hal lain yang mengandung gula itu yang bisa membuat gemuk seperti disampaikan dokter spesialis gizi klinik dari FKUI-RSCM Jakarta, Diana Sunardi.

"Misalnya air es itu ditambahkan sirup, atau es teh manis. Kehadiran gula di dalam air es itu yang membuat gemuk," kata Diana saat bertemu di kawasan Jakarta Selatan pada Kamis (5/7/2018).

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minum air es bikin makanan jadi lebih nikmat

Diana juga memprediksi seseorang bisa bertambah gemuk karena minum air es membuat makanan yang disantap jadi terasa lebih nikmat.

"Mungkin juga karena minum es, makannya jadi tambah banyak. Yang tadinya niat makan satu mangkok soto, jadi dua mangkok. Itu yang bikin gemuk," kata wanita yang juga pengajar di Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM Jakarta ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.