Sukses

Pantang Minum Air Es Saat Buka Puasa

Meski tampak segar, saat berbuka puasa, sebaiknya hindari meminum minuman air es.

Liputan6.com, Jakarta Minum air es saat buka puasa mungkin terasa menyegarkan. Apalagi Anda sepanjang hari sudah bekerja keras dan diterpa matahari yang sangat panas.

Sayangnya, minum air es saat berbuka puasa patut dihindari.

Hal itu disampaikan Konsultan Gastroenterologi Hepatologi Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Ari Fahrial Syam beberapa waktu lalu di Jakarta.

"Saat berbuka puasa, minum dulu satu gelas air putih biasa, tapi enggak boleh minum air es. 'Kaget' nanti perutnya. Kita kan sudah 13 sampai 14 jam puasa," kata Ari, ditulis Senin (4/6/2018).

Efek minum air es saat berbuka dapat menyebabkan gangguan perut.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minuman berkarbonasi

Anda juga perlu menghindari konsumsi minuman berkarbonasi. Ganti dengan air putih dan susu rendah lemak saat berbuka puasa.

Dilansir dari Emirates 247, minuman semacam itu biasanya mengandung banyak garam dan membuat Anda merasa haus saat Anda sedang berpuasa.

Jika Anda kecanduan minuman berkarbonasi, cobalah meminumnya seminggu sekali. Selain itu, pilihlah jus segar dan alami sebagai gantinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.