Sukses

Cara Tepat Atasi Bahu Pegal Usai Menyusui

Untuk mengatasi rasa bahu pegal usai menyusui, ada baiknya bisa melakukan peregangan berikut.

Liputan6.com, Jakarta Posisi menyusui sebaiknya bukan hanya nyaman bagi bayi tapi juga ibu. Jika hanya mementingkan kenyamanan bayi saja, ibu bisa mengalami keluhan nyeri otot, kaku dan pegal hingga leher dan punggung.

Para ibu pun perlu mencari-cari posisi terbaik saat menyusui. Baik untuk anak maupun ibu. Posisi menyusui yang kerap disukai bayi adalah berada di lengan ibu. Kedua lengan yang dibentuk sudut 90 derajat ini, membuat ibu untuk membungkukkan badan dan kepala agak lama.

Saat diam dalam posisi tertentu cukup lama maka akan merasakan sakit dan nyeri pada bagian lengan. Jika posisi menyusui itu sering dilakukan selama delapan hingga 12 kali perhari, tak heran kalau timbul rasa nyeri yang luar biasa.

 

 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peregangan

Untuk mengatasi bahu pegal, ada baiknya bisa melakukan peregangan. Mulailah dengan menarik lengan kanan Anda ke kiri depan (ulangi pada lengan kiri). Kemudian, kedua lengan diarahkan ke belakang dan pegang kedua siku secara berlawanan seperti melansir laman PureWow.

Lalu, lepaskan dan rilekskan kedua bahu sambil perlahan lipat ke depan. Ulangi terus sampai Anda merasa lebih baik. Bisa juga mengatasinya dengan menggunakan bantal kecil untuk menopang bayi sehingga leher dan tangan tidak terlalu nyeri.

 

 

Penulis: Dina Nazhifah

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.