Sukses

Lakukan Ini Saat Asma Anak Kambuh di Pesawat

Dengan persiapan matang, serta komunikasi yang baik, anak dapat terhindar dari terjadinya asma saat berada di pesawat.

Liputan6.com, Jakarta Asma yang diderita anak bukanlah alasan yang bisa menghambat mereka liburan atau mudik bersama keluarga naik pesawat. Persiapan matang dan komunikasi yang baik bisa membantu anak menghindari kemungkinan kambuhnya asma di pesawat. 

Namun, jika langkah pencegahan tak mempan dan asma si Kecil kambuh di pesawat, apa yang harus dilakukan?

Pencetus terjadinya asma di pesawat

Berbeda dengan udara luar, udara di pesawat memiliki tekanan yang cenderung lebih rendah, lebih kering, dan memiliki tingkat polusi yang lebih tinggi. Karena menggunakan air conditioner (AC), udara di dalam pesawat bisa saja tercemar berbagai polusi dan debu pada saluran pembersih AC yang dapat memicu kambuhnya asma.

Selain itu, suhu dingin di dalam pesawat, debu yang menempel di kursi, atau debu atau bulu yang ada di selimut pesawat dapat memicu asma. Terkadang menu makanan yang tersedia di pesawat juga sangat terbatas, sehingga bisa saja menu yang tersedia justru dapat mencetuskan alergi atau asma si Kecil.

Persiapan perjalanan untuk anak yang memiliki asma

Sebelum anak melakukan perjalanan, pastikan asmanya terkontrol dengan baik. Jika kondisi asma anak belum terkontrol atau ada kecenderungan memburuk, periksakan anak ke dokter terlebih dulu. Bisa jadi dokter akan mengubah jenis atau dosis obat kontrol asma untuk anak Anda sebelum melakukan perjalanan.

Persiapan yang selanjutnya, jangan sampai lupa untuk selalu membawa obat-obatan asma anak, baik obat-obatan pengontrol asma maupun obat pereda asma seperti inhalerataupun spacer. Bila diperlukan, siapkan juga nebulizer portable jika anak sering menggunakan nebulizer di rumah. Siapkan juga obat-obatan nebulizer pengontrol asma.

Hal lain yang tak kalah penting adalah membawa buku petunjuk penanganan asma dan nomor penting (misalnya nomor telepon dokter atau nomor telepon rumah sakit di tempat tujuan) yang dapat Anda hubungi jika membutuhkan informasi mengenai asma anak Anda.

Bawa atau bekali anak dengan makanan yang Anda tahu tidak akan menimbulkan alergi, jaga-jaga jika makanan yang disediakan pesawat adalah makanan pencetus alergi anak.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Lakukan Apa?

Apa yang Anda lakukan jika asma si Kecil kambuh saat berada di dalam pesawat?

Pertama-tama, kenali gejala serangan asma anak seperti sesak napas dan batuk berlendir terus-menerus. Kemudian, jika Anda yakin si Kecil mengalami serangan asma, jangan panik karena panik justru akan membuat Anda tidak bisa fokus dalam menangani asma yang dialami anak.

Panggil awak pesawat untuk mendapatkan pertolongan. Biasanya pesawat dilengkapi dengan oksigen sehingga anak Anda dapat diberikan oksigen terlebih dahulu. Selanjutnya, siapkan inhaler dan spacer untuk membantu meredakan serangan asma Anda Anda. Jika asma yang kambuh tak membaik, berikan nebulisasi kepada anak dengan obat pereda serangan asma seperti salbutamol. Nebulisasi dapat diulang beberapa kali jika gejala asma belum juga membaik.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

3 dari 3 halaman

Bolehkah anak dengan asma melakukan perjalanan sendiri?

Anak dengan asma yang sudah berusia cukup besar (di atas 12 tahun) dapat melakukan perjalanan sendiri asalkan Anda sebagai orang tua membantunya dalam melakukan persiapan secara matang. Persiapan yang dimaksud antara lain:

  • Mempersiapkan obat serta alat pengontrol dan pereda asma anak.
  • Bicaralah dengan guru, penanggung jawab, pengawas, atau teman-teman seperjalanannya agar mereka dapat mengantisipasi jika anak mengalami serangan asma saat dalam perjalanan.
  • Pastikan anak mengetahui dengan benar apa yang harus ia lakukan jika mengalami serangan asma di pesawat.
  • Ingatkan anak untuk menghindari pencetus asma serta meminum obat pengontrol rutin jika selama ia menggunakannya.
  • Pantau apakah kegiatannya dapat menyebabkan asma anak kambuh.

Meski serangan asma pada anak tergolong ringan, jangan sampai Anda mengabaikannya, karena bisa-bisa anak justru setelah sampai di tempat tujuan harus dilarikan ke rumah sakit. Ingat, kualitas udara dan lingkungan di pesawat dapat menyebabkan asma anak kambuh di pesawat. Oleh karena itu, lakukan persiapan sematang mungkin supaya anak terhindar dari serangan asma dan jika kambuh dapat diatasi dengan baik.

Penulis: dr. Reza Fahlevi. Sumber: Klikdokter.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.