Sukses

Ini Manfaat Berhenti Merokok dalam 20 Menit hingga Belasan Tahun

Ada banyak keuntungan yang didapatkan bagi seseorang yang berhenti merokok. Manfaatnya mulai terasa mulai 20 menit pertama.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang sudah tahu berhenti merokok punya manfaat bagi tubuh. Bila Anda berhenti merokok hitungan jam sudah bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Kondisi tubuh juga makin sehat bila berhasil tak merokok bertahun-tahun dan selamanya.

Berikut manfaat berhenti merokok dalam hitungan puluhan menit hingga tahunan melansir flyer Twitter dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI ditulis Kamis (31/5/2018).

- 20 menit: Tekanan darah, denyut jantung dan aliran darah tepi membaik.

- 12 jam: Hampir semua nikotin dalam tubuh dimetabolisme. Lalu, tingkat karbonmonoksida dalam darah kembali normal.

- 24-48 jam: Nikotin mulai tereliminasi dari tubuh. Fungsi pengecap dan penciuman mulai membaik. Sistem kardiovaskular meningkat jadi lebih baik.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fungsi paru membaik

- 5 hari: Sebagian besar metabolit nikotin dalam tubuh sudah hilang. Fungsi perasa/pengeceap dan pembau jauh lebih membaik. Sistem kardiovaskular juga terus meningkat.

- 2-6 minggu: Risiko infeksi pada luka setelah pembedahan berkurang. Fungsi silia saluran napas dan fungsi paru membaik. Napas pendek dan batuk-batuk mulai berkurang.

- 1 tahun: Risiko penyakit jantung koroner menurun setengahnya dibanding orang yang tetap merokok.

 

3 dari 3 halaman

Risiko kanker paru berkurang

- 5 tahun: Risiko stroke menurun pada level seperti orang yang tidak pernah merokok.

- 10 tahun: Risiko kanker paru berkurang.

- 15 tahun: Semua penyebab kematian dan risiko penyakit jantung koroner menurun pada level yang sama seperti pada orang yang tidak pernah merokok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.