Sukses

Posisi Tidur Bisa Bikin Kamu Keriput Lebih Cepat?

Liputan6.com, Jakarta Keriput pasti terjadi seiring pertambahan usia. Sayangnya, kulit keriput juga musuh kebanyakan wanita. Dan ternyata, posisi tidur ada hubungannya dengan keriput, lho. 

Ada yang mengatakan bahwa posisi tidur ternyata bisa menyebabkan keriput. Lalu, apakah ini benar adanya?

Beberapa orang meyakini mitos bahwa kalau tidur tengkurap, lebih tepatnya tidur dengan posisi wajah dibawah, bisa menyebabkan keriput. Nah, berdasarkan yang dilansir oleh Total Beauty, Jumat (25/5/2018), ada sebuah penelitian yang meneliti hal tersebut.

Penelitian dengan judul "The Effect of Sleep Position on Perceived Facial Aging" tersebut dilakukan oleh seorang dokter bedah asal Michigan, Amerika Serikat, yang bernama Dr. Brett Kotlus.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasilnya Sama Saja

Hasilnya alam penelitian tersebut sendiri hasilnya menyebutkan kalau sebenarnya tidak ada hubungan sama sekali antara posisi tidur dengan wajah keriput, kecuali jika kamu dari awal memang sudah keriput.

Penelitian ini dilakukan dengan mengobservasi cara tidur dari 100 wanita, 41 di antaranya tidur menyamping ke kanan dan 23 ke kiri. Pada akhir penelitian tersebut, Dr. Kotlus sendiri menyimpulkan kalau memang tidak ada korelasi antara posisi tidur, baik menyamping ke kanan maupun ke kiri, dengan munculnya keriput di bagian wajah.

 

Penulis: Ivana Okta Riyani. Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.