Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Pakai Kondom Tergesa-gesa Perbesar Risiko Penyakit Kelamin

Ketika hendak memasang kondom saat akan berhubungan seks, sebaiknya tidak usah terburu-buru. Yang ada malah, risiko penyakit kelamin semakin besar.

Liputan6.com, Jakarta Sebaiknya pelan-pelan saja dalam menggunakan kondom saat akan berhubungan seks. Tak perlu tergesa-gesa, karena bisa merugikan Anda. Kesehatan Anda jadi taruhannya.

Terburu-buru saat memakai kondom dapat menyebabkan masalah kelamin. Bukan main-main, pasalnya menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, memakai kondom yang tergesa-gesa dapat meningkatkan risiko infeksi menular seksual.

Responden penelitian hampir 60 persen adalah wanita. Mereka melaporkan, kerusakan kondom, kebocoran, dan slip terjadi ketika pasangan mereka mengenakan kondom dengan terburu-buru.

Dari penelitian yang sama, peneliti menemukan pasangan yang terburu-buru juga lebih mungkin untuk tidak menggunakan kondom karena beragam faktor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pakai Kondom Harus Hati-Hati

Data penelitian yang digunakan dikumpulkan dari 2007 sampai 2011 dari 512 pria dan wanita yang mencari pengobatan di lima klinik kesehatan AS yang mempunyai reputasi untuk mendiagnosis dan mengobati infeksi menular seksual.

Para peserta yang usianya berkisar dari 15 sampai 65, mencatat kegiatan seksual mereka dalam buku harian online hingga 180 hari. Secara total, didapatkan data 8.856 hubungan seks antara laki-laki dan perempuan yang menggunakan kondom.

Pada sekitar 7 persen dari mereka melaporkan berhubungan seksual dengan terburu-buru saat mengenakan kondom. Dari 7 persen tersebut, 5 persennya terjadi kondom rusak, terlepas dan bocor.

Selain itu, 22 persen dari orang-orang yang bergegas dalam berhubungan seks dan ingin menggunakan kondom dilaporkan akhirnya memilih untuk tidak menggunakan kondom selama berhubungan seks.

Penulis : dr. Muhammad Anwar Irzan / Klik Dokter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini