Sukses

Di RSUP Dr Sardjito, Pasien BPJS Kesehatan yang Daftar Tak Perlu Antre Lama

Liputan6.com, Jakarta Ada kabar baik bagi pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang akan berobat ke RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Pasien tidak perlu mengantre lama untuk mendaftar.

Jika biasanya, pasien harus mengantre dan menunggu sampai berjam-jam untuk daftar, kini RSUP Dr Sardjito Yogyakarta sudah menerapkan layanan pendaftaran secara digital. Melalui sistem pendaftaran daring (online), pasien bisa langsung mendapatkan jadwal berobat.

"Untuk pasien BPJS Kesehatan tidak perlu antre lama untuk daftar. Tinggal daftar online, pasien langsung bisa mendapat jadwal berobat dan konsultasi ke dokter. Dokter yang akan menangani juga sudah terpampang," jelas Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, Darwito dalam konferensi pers "Optimalkan Kualitas Layanan di Rumah Sakit Lewat Implementasi Vedika" di Kantor BPJS Kesehatan Pusat, Jakarta, ditulis Jumat (27/4/2018).

Pasien BPJS Kesehatan tersebut dapat melakukan pendaftaran daring lewat Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM). Mesin APM ini tersedia di rumah sakit.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Dibantu petugas

Dalam pemaparannya terkait pendaftaran daring pasien BPJS Kesehatan, Darwito memperlihatkan mesin APM yang ada di RSUP Dr. Sardjito. Tampak lebih dari empat mesin APM berjejer.

"Tenang saja, bagi pasien yang baru pertama kali berobat tidak perlu bingung menggunakan mesin APM. Nanti ada petugas yang membantu Anda mengisi pendaftaran online-nya," ujar Darwito.

Adanya mesin APM termasuk inovasi dari BPJS Kesehatan untuk mengurangi antrean pasien yang mendaftar. Saat ini, penggunaan mesin APM sudah mulai diterapkan pada hampir 500 rumah sakit, yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Harapannya, pasien BPJS Kesehatan akan mampu mendaftar daring secara mandiri.

"Lama-kelamaan, tanpa bantuan petugas, pasien bisa lebih mandiri buat daftar sendiri," Darwito menambahkan.

Loading
Artikel Selanjutnya
RSUP Sardjito Sudah Terapkan Verifikasi Digital Klaim BPJS Kesehatan
Artikel Selanjutnya
6 Rumah Sakit Belum Terapkan Verifikasi Digital Klaim BPJS Kesehatan