Sukses

Anak Mendadak Alami Gangguan Bicara, Butuh Bantuan Psikolog?

Ketika seorang anak yang semula mampu berbicara kemudian mendadak mengalami gangguan bicara, perlukan orangtua minta bantuan psikolog?

Liputan6.com, Jakarta Gangguan bicara pada anak juga terjadi pada buah hati yang berusia lebih besar.

Sama halnya dengan anak berusia 12 bulan sampai tiga tahun, anak usia segitu pun jangan dianggap remeh jika mereka tidak juga berbicara, atau sebelumnya suka sekali mengoceh mendadak lebih jarang bicara.

Menurut dr Sepriani Timurtini Limbong dari situs Klik Dokter, segeralah bawa ke dokter agar anak melakukan serangkaian tes. Mungkin untuk yang berumur lebih besar, butuh bantuan psikolog untuk mengetahuinya.

"Bila anak terlihat lebih jarang bicara padahal sebelumnya dapat berkmunikasi dengan baik, ada berbagai kemungkinan penyebabnya," kata Sepriani dikutip Health Liputan6.com pada Jumat, 27 April 2018.

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebab Lain Anak Tak Juga Bicara

Ada pun penyebabnya antara lain, mutisme selektif, gangguan cemas, hingga depresi. Maka itu, tidak hanya butuh pertolongan seorang dokter, tapi juga psikolog apalagi bila si Kecil juga menunjukkan masalah emosi

"Jangan anggap sepele anak yang jarang bicara. Segera cari tahu penyebabnya agar dapat ditangani dengan tepat dan optimal," kata Sepriani memberi pesan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.