Sukses

Sikap Buruk Anak Bisa Jadi Cerminan Orangtunya

Ketika anak bersikap buruk, jangan langsung memarahinya. Cari tahu dulu sumber yang membuat si Kecil berperilaku seperti itu. Bisa jadi, Anda penyebabnya.

Liputan6.com, Jakarta Ada sebuah ungkapan yang menyebut bahwa anak adalah cerminan orangtua. Ketika anak berperilaku baik, mungkin contoh-contoh baik pula yang ia dapat selama berada di rumah. Begitu pun saat anak tiba-tiba berperilaku buruk, tidak menutup kemungkinan pemicunya berasal dari apa yang mereka lihat sehari-hari.

"Respons dan perilaku orangtua sehari-hari yang dilihat anak seringkali malah memicu mereka bersikap buruk. Dan hal tersebut sering tak disadari," ujar Katherine Lee, seorang terapis anak.

Ada beberapa sikap yang sebaiknya dihindari orangtua. Salah satunya yaitu tidak konsisten dalam membuat aturan. Terkadang melarang namun kadang membolehkan. Hal ini membuat anak merasa aturan yang diterapkan bisa 'dilanggar'.

"Ada aturan tak boleh makan permen sebelum makan makanan utama, tapi si kecil. Jika orangtua memberinya karena anak merengek, maka anak akan berpikiran kalau cara itu akan berhasil dan bakal mengulangnya lagi dan lagi," ungkap Lee.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sikap Orangtua Berpengaruh pada Tumbuh Kembang Anak

Sikap lainnya adalah memberi hukuman atau peringatan yang tidak sesuai dengan konsekuensi. Misalnya jika anak tak merapikan kamar, maka tak ada es krim untuknya. Cobalah untuk mengungkapkan konsekuensi jika kamarnya tak dirapikan.

"Ungkapkan saja apa yang bakal terjadi, misalnya ia akan kesulitan mencari barang, perlengkapannya bisa saja hilang dan rusak. Buat anak berpikir kalau apa yang orngtua katakan merupakan contoh yang baik, bukan sekedar ancaman," ujar Lee.

Lee juga mengingatkan agar tak selalu memaklumi jika anak berperilaku buruk. Seperti alasan, dia lapar, mengantuk, lelah dan sebagainya. Justru jika hal itu dilakukan anak tak akan merasa masalah jika ia berperilaku buruk, karena orangtuanya selalu memaklumi.

Reporter: Mutia/ Very Well (sumber)/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini