Sukses

Anak Favorit Orangtua, si Sulung atau Bungsu?

Orangtua ternyata punya anak favorit dalam sebuah keluarga. Namun, sulung atau bungsu yang paling disukai oleh orangtua?

Liputan6.com, Jakarta Walau jarang mengakui, setiap orangtua memiliki anak favorit. Banyak orang menduga anak bungsu jadi anak kesayangan sebagian orangtua. Apa benar?

Sebuah jajak pendapat yang dilakukan situs pengasuh di Inggris, Mumsnet terhadap 1.000 partisipan yang sudah menjadi orangtua punya jawabannya.

Setelah dianalisis, lebih dari setengah orangtua paling menyukai anak bungsu mereka. Lalu, sekitar seperempat partisipan menyukai anak sulung mereka. Di posisi terakhir, hanya sedikit orangtua menjawab si Tengah jadi anak kesayangan.

Jajak pendapat ini juga menemukan fakta bahwa orangtua cenderung lebih sering memberikan pujian pada anak yang mirip mereka saat kecil. 

Penelitian lain yang dilakukan Brigham Young University's School of Family Life, Amerika Serikat, menyebut bungsu adalah anak yang paling disukai sebagian besar keluarga. Biasanya, anak tersebut memiliki hubungan baik dengan orangtua. 

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kakek dan nenek punya cucu favorit

Tidak hanya orangtua, kakek nenek ternyata juga punya cucu favoritnya. Situs Gransnet meneliti 1.111 lansia dan menemukan sekitar 42 persen kakek nenek ini mengakui mereka lebih suka salah satu dari cucu mereka.

Sekitar 40 persen mengatakan cucu favorit adalah yang tertua alias cucu pertama. "Sangat penting mengatakan bahwa rasa kedekatan yang lebih besar, sering kali pada seorang anak tertentu," kata pendiri Gransnet, Justine Roberts.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.