Sukses

Bisa Berubah Hitam, Lensa Kontak Ini Klaim Tak Akan Ubah Mata Seperti Setan

FDA setujui kehadiran lensa kontak yang bisa berubah menjadi gelap saat terkena matahari.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya kacamata saja yang bisa berubah jadi gelap jika terkena sinar matahari. Saat ini, lensa kontak juga.

Food and Drug Administration (FDA), menyetujui lensa kontak yang mengandung "photochromic additive" yang membuatnya lebih gelap ketika berada di luar ruangan dan terpapar matahari. Setelahnya, lensa kontak ini bisa kembali jernih lagi.

Dilansir dari Buzzfeed pada Rabu (18/4/2018), lensa kontak ini mirip dengan kacamata yang bisa menjadi lebih gelap ketika berada di bawah sinar matahari. Jenis kacamata ini sudah ada sejak tahun 1990.

"Lensa kontak ini adalah yang pertama dari jenisnya, dengan menggabungkan teknologi yang sama dengan kacamata yang menjadi gelap di bawah sinar matahari," kata Malvina Eydelman, Direktur Divisi Ophthalmic and Ear, Nose, and Throat Devices di FDA's Center for Devices and Radiological Health.

Persetujuan itu didasarkan pada percobaan klinis pada 24 orang. Tidak ada gangguan mengemudi pada mereka baik malam atau siang hari. Menurut FDA, tidak ada bukti kekhawatiran pada kinerja mengemudi, atau penglihatan saat menggunakannya.

Johnson & Johnson, perusahaan yang membuat lensa kontak tersebut mengatakan, mata Anda tidak akan terlihat seperti dirasuki setan saat menggunakan benda tersebut.

"Tidak akan ada mata alien yang menyeramkan," kata wakil presiden bidang komunikasi di Johnson & Johnson Vision di New Jersey, Amerika serikat Donna Lorenson.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Melindungi dari Sinar UV?

Lensa kontak bernama Acuvue Oasys tersebut, merupakan lensa kontak lunak yang bisa dipakai hingga 14 hari.

"Kami menghabiskan bertahun-tahun untuk mencari tahu bagaimana melakukan ini," tambahnya pada Buzzfeed News.

Selain itu, Lorenson memastikan, benda tersebut tidak akan mengubah warna mata Anda.

Namun, apabila mata Anda memiliki warna yang terang, benda tersebut mungkin hanya membuatnya terlihat sedikit abu-abu.

Lensa kontak tersebut akan dirilis pada awal 2019. Perusahaan tersebut belum mau membocorkan seperti apa bentuk dan berapa harganya. Yang pasti, benda ini tidak akan mengganggu Anda melihat perangkat yang memancarkan sinar biru seperti ponsel dan komputer.

Walaupun begitu, belum jelas apakah ini bisa melindungi mata dari sinar ultraviolet. Karena itu, Lorenson menyarankan tetap menggunakan kacamata hitam sebagai pelindung dari sinar UV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.