Sukses

Lensa Kontak Ini Bisa Lindungi Tubuh dari Diabetes

Terobosan baru berupa lensa kontak yang bisa melindungi dari diabetes dengan mengingatkan pemakainya soal kadar gula darah.

Liputan6.com, Korea Selatan Ada kabar gembira, khususnya buat pemakai lensa kontak. Kini, ada lensa kontak yang bisa melindungi Anda dari serangan diabetes.

Lensa kontak tersebut memiliki struktur nano plastik mungil yang tertanam di dalamnya. Adanya nano plastik memberikan peringatan realtime sebelum kadar gula darah (glukosa) menjadi berbahaya.

Dilansir dari The Wired, Senin (29/1/2018), lensa kontak baru diproduksi massal dalam lima tahun ke depan.

Peneliti di Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST) and Sungkyunkwan University, Korea Selatan, melakukan terobosan dengan mengontrol layar LED kecil yang tertanam di dalam lensa kontak.

Terobosan itu mengingatkan pemakai lensa kontak saat kadar gula darah mereka terlalu rendah atau tinggi.

"Pasien diabetes perlu memantau kadar glukosa beberapa kali dalam sehari," kata Jang-Ung Park, profesor di UNIST yang mengerjakan proyek tersebut.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahan yang lembut

Lensa kontak yang diciptakan sebagai pengingat kadar gula tersebut terbuat dari bahan yang lembut.

Tim peneliti mampu menciptakan bahan polimer yang lembut, fleksibel dan transparan layaknya lensa kontak biasa.

Tak ketinggalan pula sensor glukosa, rangkaian transfer daya nirkabel, dan piksel layar, yang menampilkan sinyal kadar gula darah.

Upaya sebelumnya, tim mengembangkan lensa kontak yang dinilai tidak nyaman, yakni menggunakan bahan yang terlalu rapuh. Bahan itu juga menghalangi penglihatan pemakainya dan bisa melukai mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.