Sukses

Fungsi 8 Bagian Tubuh Manusia yang Jarang Anda Perhatikan (1)

Liputan6.com, Jakarta Mungkin beberapa orang berpikir bahwa sesungguhnya, beberapa bagian tubuh manusia tidak ada gunanya. Jangan salah, semua yang ada di tubuh kita diciptakan dengan fungsinya masing-masing.

Dilansir dari Reader's Digest pada Senin (16/4/2018), bagian tubuh manusia yang jarang Anda perhatikan ini ternyata memiliki fungsi berikut ini.

1. Uvula

Uvula merupakan jaringan lunak kecil yang menggantung di tenggorokan dan di atas lidah. Namun, mungkin tidak ada orang yang benar-benar memperhatikan organ tubuh ini.

Beberapa teori mengatakan, uvula hanya ada pada manusia. Organ ini membantu nenek moyang manusia berbicara, atau minum sambil membungkuk di air.

Namun, fungsi paling jelas adalah mengeluarkan sejumlah besar air liur. Selain itu, uvula juga dikaitkan dengan proses mendengkur. Menurut sebuah penelitian di Italia, orang yang mendengkur memiliki lebih sedikit serat saraf dalam uvula mereka dibanding yang tidak mendengkur.

2. Alis

Bagian tubuh yang satu ini berfungsi melindungi mata dari serpihan debu, air, dan matahari. Di samping itu, alis juga merupakan faktor penting dalam pengenalan wajah.

Dalam penelitian di Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat, relawan diminta mengidentifikasi foto dari 50 wajah orang terkenal, dengan mata mereka dihapus secara digital.

Partisipan dapat mengenali individu sekitar 60 persen. Namun, ketika alis dihilangkan dari wajah tersebut, mereka hanya bisa mengenali 46 persen.

Simak juga video menarik berikut ini: 

2 dari 2 halaman

Bulu ketiak dan puting pria

3. Bulu Ketiak

Rambut ini sering dikaitkan dengan penyebaran bau alami tubuh untuk menarik pasangan.

Bulu ketiak tumbuh di atas kelenjar keringat dan menghasilkan aroma tertentu dari tubuh, yang mungkin memikat orang-orang zaman purba.

Namun, orang (terutama wanita) saat ini biasanya mencukur bulu-bulu di ketiak yang mengeluarkan sinyal seksual ini.

4. Puting pada Pria

Semua orang adalah perempuan ketika berada di dalam rahim.

Selama 60 hari, semua embrio mengikuti aktivitas genetik yang sama, hingga testosteron mengubah arah tindakan mereka bagi yang memiliki kromosom Y.

Puting pria merupakan organ tubuh yang tersisa dari proses perkembangan janin di dua bulan pertama.

Loading
Artikel Selanjutnya
Syeikh Ammar Bugis, Penyandang Disabilitas Penghafal Alquran dan Ulama
Artikel Selanjutnya
Bikin Takjub, 10 Orang Ini Punya Kemampuan Unik