Sukses

Semua Kuliner di Indonesia Memakai MSG?

Menurut Pakar Teknologi Pangan dari IPB, MSG itu senyawa yang memberi citatasa umami. Dan umami tidak hanya bisa didapat dari MSG.

Liputan6.com, Jakarta Hampir bisa dipastikan bahwa kuliner Indonesia mempunyai rasa umami (gurih). Citarasa yang biasa muncul jika kita mencampurkan MSG (monosodium glutamat) ke dalam setiap masakan.

Seperti disampaikan Prof Purwiyatno Hariyadi, Pakar Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) bahwa bahan-bahan makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari memiliki kandungan atau senyawa guna menciptakan citarasa gurih.

Mulai dari ayam, daging sapi, atau ikan yang biasa kita jadikan campuran untuk membuat kaldu. Kemudian ada tomat, kecap, saus tiram, bahkan keju.

"Terasi juga sama. Walaupun tidak makan MSG, makan ini pun sebenarnya sama saja," kata Prof Purwiyatno di kawasan Sunter, Jakarta Utara pada Kamis, 29 Maret 2018.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Umami tak hanya didapat dari MSG

Semua bahan tersebut cukup familiar dan mudah sekali kita temukan dari makanan-makanan yang ada di Indonesia. Dengan kata lain bahwa umami adalah rasa yang tak bisa lepas dari kuliner di sini.

"MSG itu senyawa yang memberi citarasa umami. Dan umami tidak hanya bisa didapat dari MSG," kata pria yang akrab disapa Pur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.