Sukses

8 Daftar Makanan untuk Tingkatkan Aroma Tubuh dan Cegah Bau Badan (1)

Hindari aroma tubuh yang tidak sedap dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut ini, serta apa yang tidak boleh dikonsumsi

Liputan6.com, Jakarta Selain penampilan, aroma tubuh juga menjadi faktor penting untuk meningkatkan daya tarik. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evolution and Human Behaviour mengatakan, bau badan berdampak pada daya tarik pria.

Sebuah penelitian di Universitas California, Amerika Serikat mengatakan, bau badan seseorang ditentukan oleh genetika, kesehatan, kebersihan sehari-hari, dan pola makan.

Beberapa makanan mengandung sulfur seperti brokoli, kubis, kembang kol, bawang putih dan merah, bisa menghasilkan bau badan menyengat.

Walaupun persepsi orang tentang aroma tubuh yang baik berbeda-beda, dilansir dari Indiatimes, Rabu (27/3/2018), ada beberapa makanan yang bisa membuat aroma tubuh jadi tidak menyengat, dan membuat Anda lebih memiliki daya tarik.

1. Makan Apel, Bukan Labu

Makan satu buah apel sehari bisa membantu Anda menghindari bau mulut. Anti bakteri dalam apel diklaim bisa bekerja seperti penyegar mulut. Selain itu, apel membantu mencegah penumpukan plak dan bakteri lain yang disebabkan oleh makanan.

Sementara labu, mengandung kolin. Senyawa yang dimetabolisme menjadi trimetilamin. Kelebihan ini bisa menyebabkan tubuh lebih bau.

2. Makan Jeruk, Bukan Sayuran Cruciferous

Tubuh akan menyerap dan memancarkan aroma tubuh alami dari buah-buah sitrus seperti jeruk, lemon, dan nanas. Asam dari buah-buahan ini bisa mengeluarkan toksin penyebab bau badan.

Di sisi lain, sayuran cruciferous seperti brokoli, kubis, tauge, dan kembang kol, menciptakan bau badan tidak sedap yang dilepaskan melalui keringat.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikan Putih, Yogurt, dan Teh Hijau

3. Konsumsi Ikan Putih, Bukan Yang Dagingnya Merah

Walaupun tidak membuat aroma tubuh yang lebih wangi, konsumsi ikan berdaging putih bahkan membuat tubuh Anda tanpa bau.

Namun, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Senses di Republik Ceko, ikan dengan daging merah kerap dikaitkan dengan bau badan yang tidak sedap.

4. Pilih Yogurt Daripada Susu

Selain untuk kesehatan pencernaan, yogurt dengan probiotik dapat menetralkan bau yang disebabkan senyawa belerang dalam tubuh Anda. Bakteri baik ini juga bisa melawan racun dalam tubuh kita dan menetralkan bau karena bakteri jahat.

Sementara susu, mengandung zat kimia kolin yang sudah dibahas sebelumnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.