Sukses

8 Tanda Tak Terduga Stres Mulai Serang Fisik Anda (1)

Liputan6.com, Jakarta Stres merupakan satu kondisi mental yang membuat seseorang tidak merasa nyaman. Perasaan tertekan tak hanya dapat menyerang mental, ternyata juga berdampak pada fisik Anda.

Dilansir Reader Digest, Kamis (8/3/2018), sebuah survei dari American Psychological Association mengatakan orang Amerika banyak mengalami stres. Hampir sepertiga dari yang mengalami stres mempengaruhi kondisi fisik. Berikut adalah delapan tanda stres yang berpotensi membuat Anda sakit.

1. Akan muncul bintik merah pada bagian tertutup

Ketika bagian tubuh yang tertutup mulai merasa gatal dan muncul bintik kemerahan, bisa jadi stres adalah penyebabnya. Hal ini karena stres yang berlebihan dapat mengacaukan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, jika stres tidak segera ditangani, tubuh akan mengembangkan reaksi alergi, sehingga menjadi gatal.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda hanya cukup memasukkan handuk dingin dan lembab pada bagian yang gatal. Jika hal ini tak kunjung meredakan gatal, Anda dapat meminum antihistamin. Selain itu, Anda juga dapat melepaskan stres dengan mengambil waktu untuk bersantai.

2. Berat badan mulai meningkat tajam

Seorang instruktur klinis kedokteran di Icahn School of Medicine New York, Shanna Levine, MD, mengungkapkan ketika mengalami stres, tubuh akan mengalami pelepasan hormon kortisol. Adapun hormon tersebut dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk memproses gula darah dan mengubah metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat.

"Hal inilah yang dapat menyebabkan penambahan berat badan," ujar Levine, mengutip dari Reader Digest.

Selain itu, stres dapat menyebabkan seseorang melakukan perilaku tidak sehat, seperti makan berlebihan atau kurang tidur. Oleh sebab itu, hal yang dapat Anda lakukan yakni mengonsumsi kacang. Protein dan serat pada bahan makanan ini dapat membantu Anda menghindari peningkatan berat badan karena stres.

 

Saksikan juga video berikut ini :

1 dari 2 halaman

3. Stres menyebabkan sakit kepala secara terus menerus

Jika jarang mengalami sakit kepala, dan tiba-tiba kepala berdenyut secara terus menerus, bisa jadi Anda mengalami stres. Hal ini karena stres dapat melepaskan zat kimia yang dapat menyebabkan perubahan pada saraf dan pembuluh darah di otak. Hal inilah yang menyebabkan sakit kepala.

Stres pun dapat menyebabkan otot menjadi lebih tegang. Hal ini pun berpotensi menyebabkan sakit kepala. Oleh sebab itu, jika mengalami hal ini, Anda dapat mengoleskan minyak lavender atau peppermint pada bagian pelipis saat sakit kepala dimulai.

4. Menyerang sistem pencernaan

Stres juga dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Hal ini karena ketika stres, tubuh memproduksi lebih banyak asam pencernaan. Hal inilah yang membuat perut Anda menjadi mulas.

Dokter penyakit dalam dari Mayo Clinic, Deborah Rhodes, MD, mengatakan stres dapat memperlambat pengosongan makanan, sehingga perut menjadi kembung. Hal ini menyebabkan kontraksi pada usus, yang menyebabkan kram dan diare. Oleh sebab itu, Anda dapat meminum obat antasida atau teh jahe guna mengatasi hal tersebut.

Artikel Selanjutnya
Benarkah Cuci Piring Bisa Redakan Stres dan Cemas?
Artikel Selanjutnya
Jeruk, Camilan Segar Pengusir Stres