Sukses

Selain 4 Orang Meninggal, Rockmelon Berbakteri Sebabkan 17 Orang Positif Terinfeksi Listeria

Liputan6.com, Jakarta Dinas kesehatan negara bagian Victoria, Australia telah mengonfirmasi empat orang meninggal dunia akibat mengonsumsi buah melon atau rockmelon yang terkontaminasi bakteri listeria.

Hasil tes mikrobiologi menunjukkan, wabah listeria yang menyerang Australia itu terkait dengan melon yang terkontaminasi di sebuah perkebunan di NSW. Hal itu dijelaskan oleh deputy chief health officer di Victoria, Dr Brett Sutton.

Kini, ada 17 pasien yang dinyatakan terinfeksi listeria di seluruh Australia yang dikaitkan dengan melon terkontaminasi itu.

Menurut penjelasan Dr Sutton, enam dari 17 pasien listeria adalah tiga pria dan tiga wanita asal Victoria. Mereka berusia antara 60 hingga 90 tahun. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

1 dari 2 halaman

Gejala listeria mirip flu

Kasus serupa juga dilaporkan terjadi di Tasmania dan Queensland, melansir laman ABC, Kamis (8/3/2018).

Infeksi listeria ditandai dengan simtom serupa flu seperti demam, nyeri otot, panas dingin, mual, dan terkadang disertai diare.

Minggu lalu, Badan Otoritas Pangan NSW telah menyatakan bahwa investigasi terkait wabah tersebut dilakukan sejak Januari lalu. Bahkan buah melon terkontaminasi juga sudah ditarik dari pasaran di seluruh penjuru Australia.