Sukses

Konsumsi Pil KB Bisa Bikin Depresi, Apa Iya?

Penggunaan pil KB dalam mengontrol kelahiran dipercaya dapat menyebabkan depresi. Apakah itu benar? Penelitian seorang pakar ob-gyn akan menjawab hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Pil KB menjadi salah satu pilihan bagi perempuan yang ingin mengendalikan kelahiran. Namun, Anda mungkin pernah berpikir untuk mencoba beralih ke pil KB karena beredar kabar bahwa konsumsi pil tersebut justru dapat menyebabkan depresi.

Dilansir Healthline, Selasa (6/3/2018), Seorang pakar ob-gyn di The Ohio State University Wexner Medical Center, Brett Worly, M.D., mengungkapkan hal ini sudah umum dikeluhkan oleh para perempuan. Hal itu mendorong Worly untuk melakukan sebuah studi yang mengeksplorasi hubungan antara pil KB sebagai kontrol kelahiran dan depresi.

"Sepanjang pelatihan medis yang saya lakukan, hal ini merupakan salah satu hal yang terus berlanjut," ujar Worly, mencatat pengonsumsian Depo Provera (metode progestin) dapat menyebabkan depresi sebagai salah satu efek samping yang terjadi.

Berdasarkan 26 penelitian yang dilakukan selama 30 tahun, ditemukan ada hubungan minimal antara progestin sebagai salah satu metode pengatur kelahiran dengan depresi.

Penelitian oleh Worly yang mempelajari hubungan antara pil KB dan depresi yang dilakukan beberapa tahun lalu pun tidak menemukan adanya korelasi di antara keduanya.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengguna pil KB sebaiknya konsultasi dengan dokter

Menanggapi hasil penelitiannya tersebut, Worly menekankan perubahan mood berbeda dengan perasaan yang tertekan itu sendiri. Hal ini menunjukkan bukan berarti pil KB mutlak tidak menyebabkan depresi.

"Efek yang ditimbulkan bisa berbeda-beda pada setiap perempuan. Oleh sebab itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan terkait efek samping dari pil KB," ujar Worly.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.