Sukses

Cek 6 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Nge-Gym

Liputan6.com, Jakarta Pergi ke pusat kebugaran atau gym merupakan salah tempat untuk membentuk tubuh. Namun, ada teknik-teknik yang perlu dipelajari saat Anda nge-gym.

Sayangnya, tak semua orang yang pergi nge-gym tahu teknik-teknik yang tepat. Berikut beberapa kesalahan orang selama gym melansir Huffington Post, Selasa (27/2/2018).

 

1. Latihan awal tanpa instruktur (trainer)

Ada baiknya siapkan uang lebih untuk berlatih dengan instruktur (trainer). Menurut Chris Magee, pimpinan yoga di Another_Space, Inggris latihan akan lebih baik, tepat, dan ada contoh yang bisa dilihat. Melakukan latihan di gym sendiri membuat Anda tidak memiliki rujukan dan tidak realistis.

2. Pergi ke gym tanpa persiapan

Rachel Chatham, pelatih dari Be:FIT, London, Inggris mengatakan, bila Anda gagal dalam persiapan bersiaplah untuk gagal saat latihan. 

Untuk itulah, tetap rencanakan apa saja yang harus dilakukan sebelum ke gym. Sehingga selama di gymada sesi latihan yang pasti. Sehingga, energi Anda bisa fokus pada latihan tersebut.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

1 dari 3 halaman

Teknik salah

3. Teknik yang buruk

Kata personal trainer Tome Levi mengenal teknik latihan saat nge-gym memang tidak mudah. Sehingga perlu waktu untuk menyempurnakan setiap teknik yang dipelajari.

Kegagalan melakukan sebuah gerakan membuat hasil latihan tidak maksimal. Satu lagi, teknik latihan yang salah meningkatkan risiko cedera. 

4. Meniru teknik latihan di internet

Pelatih kebugaran Lucy Arnold mengatakan banyak orang latihan di gym hanya meniru teknik influencer kebugaran di internet. Hal ini bisa membuat orang melakukan latihan dengan teknik yang tidak tepat.

"Beberapa hal sederhana bisa tidak aman jika dilakukan dengan tidak benar dan sebabkan cedera," kata Lucy.

 

2 dari 3 halaman

Sering menunda latihan

5. Menunda-nunda

Tom Oliver, pelatih dan pendiri Tom Oliver Nutrition mengatakan menuda-nunda latihan membuat intensitas tak meningkat. Terutama ketika latihan berat.

"Saya lihat banyak orang duduk, berkirim pesan, atau mengobrol di tengah-tengah set. Ini seperti tidak peduli alat-alat di gym. Kalau Anda bukan atlet angkat beban, butuh waktu paling tidak, sekitar 45 sampai 60 detik maksimal istirahat setiap set," kata Tom.

6. Terlalu getol latihan beban

Tom Thorpe, seorang personal trainer mengatakan banyak orang mendorong dirinya berlatih terlalu keras. Sampai-sampai tidak istirahat. Tentu saja hal ini juga tidak tepat. 

Menurut Tom, kebiasan tersebut bisa menyebabkan rentan cedera. Melatih otot tubuh sebaiknya dilakukan maksimal sekali atau dua kali dalam seminggu.

Artikel Selanjutnya
Kebugaran Bisa Diraih Tanpa Harus Nge-Gym, Sontek 8 Tips Ini
Artikel Selanjutnya
Lebih Mutakhir, Gym Ini Tawarkan Sesi Olahraga Telanjang